Perpindahan Kiblat Punya Kaitan Erat dengan Al- Aqsa

Perpindahan Kiblat Punya Kaitan Erat dengan Al- Aqsa

|”Informasi penting mengenai kiblat pertama umat Islam ini sangat penting untuk terus kita gali. Keistimewaannya tersurat jelas dalam Al Qur’an, serta hadis yang melengkapinya ”

 

 

Aqsainstitute.orgMasjidil Aqsa sebagai tanah yang diberkahi memiliki nilai sejarah yang tidak dapat dipisahkan dari Islam. Masjid yang terletak di Palestina ini menjadi saksi bisu sebagai arah kiblat pertama bagi umat Muslim. Namun dalam perjalanannya, Rasulullah Saw kemudian berdo’a kepada Allah Swt agar memindahkan arah kiblat.

Berikut ini lembaga kajian tentang Palestina dan kajian Islam Timur Tengah, International Aqsa Institute sajikan informasi selengkapnya untuk Sahabat.

 

Pemindahan Kiblat Umat Islam

Umat Muslim berkiblat menghadap Masjidil Aqsa kurang lebih selama 16-17 bulan, selama itu juga Rasulullah Saw. merasakan kegelisahan dalam hatinya dan memohon kepada Allah Swt. untuk mengubah arah kiblat menuju Masjidil Haram.

IAI-Masjidil Aqsa_ Kiblat Pertama Umat Islam serta Hadis Keistimewaannya-www.aqsainstitute(2) - Aqsa Institute

(Keterangan: Potret suasana salat berjama’ah di sekitar kompleks Masjidil Aqsa/foto:Islam Pos)

Dalam masa awal turunnya perintah Salat, kondisi Masjidil Haram di Mekah masih begitu dipenuhui oleh berhala-berhala yang disembah oleh penduduk sekitar. Sehingga kiblat salat pertama kali menghadap Madjisil Aqsa yang kala itu bersih dari berhala.

Namun, Rasulullah Saw memiliki kekhawatiran dan hati yang gelisah, memohon kepada Allah Swt untuk memindahkan kiblat salat kea rah Masjidil Haram, sebagaimana menjadi kiblat dari Nabi Ibrahim dan Nabi Adam sejak dahulu. Hal ini kemudian Allah jawab lewat wahyu yang turun dalam Surah Al-Baqarah ayat 144.

“Sungguh Kami (sering) melihat mukamu menengadah ke langit, maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram. Dan dimana saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya. Dan sesungguhnya orang-orang (Yahudi dan Nasrani) yang diberi Al Kitab (Taurat dan Injil) memang mengetahui, bahwa berpaling ke Masjidil Haram itu adalah benar dari Tuhannya; dan Allah sekali-kali tidak lengah dari apa yang mereka kerjakan (Qs: Al-Baqarah ayat 144)

 

Proses Pemindahan Kiblat Tak Hanya Dijelaskan Al-Quran

Proses pemindahan kiblat dari Baitul Maqdis ke Masjidil Haram tidak hanya dijelaskan dalam Al Qur’an, melainkan juga di Hadis Arbain Maqdisiyah. Hadis ini dibukukan oleh seorang ulama Palestina bersamaan dengan 40 hadis pilihan tentang Baitul Maqdis lainnya. Begini bunyi hadis tentang perpindahan kiblat tersebut:

Dari Abdullah bin Umar berkata, ketika orang-orang sedang salat subuh di Quba, ada seseorang datang lalu berkata, “Sesungguhnya telah diturunkan Al-Qur’an kepada Rasulullah Saw. tadi malam. Beliau diperintah untuk menghadap Kakbah, maka menghadaplah kalian ke Kakbah. Saat itu wajah mereka menghadap ke Syam (Baitul Maqdis), kemudian mereka berputar menghadap ke Kakbah.”

 

Tentang Hadis Arbain Maqdisiyah

IAI-Masjidil Aqsa_ Kiblat Pertama Umat Islam serta Hadis Keistimewaannya-www.aqsainstitute(3) (1) - Aqsa Institute

(Keterangan: Buku Hadis Arbain Maqdisiyah/foto: Katasuna)

 

Hadis mengenai keistimewaan Masjidil Aqsa lainnya dibahas secara lebih mendalam dan komprehensif dalam Hadis Arbain Maqdisiyah (Kumpulan Hadis Keistimewaan Baitul Maqdis), yang merupakan karya fenomenal dari Syekh Dr. Muraweh Mosa Naser Nassar.

Dalam buku yang relatif kecil secara ukuran, namun kaya akan materi yang berkualitas ini di dalamnya dibahas 40 hadis mengenai keistimewaan Baitul Maqdis yang berkaitan erat dengan awal peradaban dunia, sampai berakhirnya kehidupan di dunia.

Baca juga infromasi menarik lainnya: Hadis Arbain Maqdisiyah

 

Tema-tema menarik lainnya yang dapat Sahabat temukan Masjid Al –Aqsa, Masjid Kedua Dibangun di Atas Bumi, Kabar Gembira akan Kembalinya Khilafah di Baitul Maqdis, serta ragam bahasan istimewa nan khusus yang hanya bisa Sahabat dapatkan dengan membaca langsung buku ini.

IAI-Masjidil Aqsa_ Kiblat Pertama Umat Islam serta Hadis Keistimewaannya-www.aqsainstitute(4) (1) - Aqsa Institute

Kami juga menyediakan program bedah buku yang dapat Sahabat gelar untuk membahas isi buku serta bagaimana asbabul wurud  dari setiap hadis. Tentunya akan dibahas secara menyeluruh dan lugas, oleh pemateri yang kompeten dibidangnya.

Mari  hadirkan  dan gelar bedah buku Hadis Arbain Maqdisiyah (Kumpulan Hadis Keistimewaan Baitul Maqdis) di tempat Sahabat. Agar semakin banyak infomasi tentang Masjidil Aqsa dapat tersampaikan. Caranya sangat mudah, sahabat dapat menghubungi Call Centre Edukasi International Aqsa Institute melalui nomor 0811 2344 641.  (itari/aqsainstitute)

Sumber: International Aqsa Institute, Hadis Arbain Maqdisiyah

Komentar

Share this post