Doa Nabi Sulaiman A.s untuk Muslim yang Salat di Masjid Al-Aqsa

Kajian Palestina Doa Nabi Sulaiman A.s untuk Muslim yang Salat di Masjid Al-Aqsa www.aqsainstitute.org - Aqsa Institute

Doa Nabi Sulaiman A.s untuk Muslim yang Salat di Masjid Al-Aqsa

Nabi Sulaiman a.s pernah menjadi raja di Palestina dan menyelesaikan bangunan Masjid Al-Aqsa, kemudian beliau pernah memanjatkan doa tentang 3 permintaan yang kemudian dikabulkan oleh Allah.

 

aqsainstitute.orgNabi Sulaiman a.s adalah keturunan ke 13 dari Nabi Ibrahim a.s. Beliau melanjutkan tahta kerajaan Palestina sepeninggal ayahnya yaitu Nabi Daud a.s. Kemudian di usia yang sudah matang, Allah angkat beliau menjadi nabi yang melanjutkan dakwah untuk menyampaikan risalah kepada umatnya.

 

Pada saat kerajaan Nabi Sulaiman a.s mengalami kejayaan, suatu hari beliau memanjatkan doa kepada Allah Swt, yang mana doa tersebut tentang 3 permintaan dan salah satunya berkaitan dengan Masjid Al-Aqsa. Simak terus kajian tentang Palestina dalam tulisan ini.

 

Doa Nabi Sulaiman Tentang 3 Hal

Kajian Palestina Doa Nabi Sulaiman A.s untuk Muslim yang Salat di Masjid Al-Aqsa www.aqsainstitute.org - Aqsa Institute

Keterangan: Ilustrasi Istana Kerajaan Nabi Sulaiman a.s (Foto: Satu Jam)

 

Nabi Sulaiman a.s adalah manusia salih yang taat kepada Allah Swt sejak kecilnya. Beliau pernah berdoa dan menyampaikan permintaan. Doa tersebut tercatat dalam hadis Rasulullah Saw yaitu:

 

Dari Abdullah bin Amr bin Al-‘Ash ketika berada di dinding rumahnya di Thaif, dikatakan padanya, bumi yang tenang… Ia berkata, aku mendengar Rasulullah Saw. bersabda:“Sesungguhnya Sulaiman bin Dawud a.s. meminta kepada Allah tiga hal dan diberikan dua, dan kami berharap agar beliau mendapatkan yang ketiga , beliau pun meminta ketepatan dalam memutuskan kebijakan, Allah pun mengabulkan. Ia meminta kerajaan yang tidak diberikan kepada siapapun setelahnya, Allah pun mengabulkannya. Ia juga memohon kepada Allah agar siapapun yang keluar dari rumahnya tidak ada keinginan lain kecuali hanya untuk shalat di Masjid ini, maka kesalahannya keluar darinya seperti anak yang baru dilahirkan ibunya. Maka kami berharap agar Allah Swt. mengabulkan.” (HR. Ahmad)

 

Dalam hadis tersebut menjelaskan bahwa Nabi Sulaiman a.s telah menyelesaikan pembangunan Masjid Al-Aqsa, walaupun pada kenyataanya orang-orang Israel mengklaim bahwa yang dibangun adalah sinagog atau kuil.

 

Kemudian tentang 2 doa Nabi Sulaiman a.s yang sudah dikabulkan oleh Allah, itu ada pada masa hidupnya. Beliau memiliki kerajaan yang sangat mewah dan seluruh rakyatnya bertasbih kepada Allah.

 

Adapun doa yang ketiga Nabi Sulaiman belum terkabul, karena Masjid Al-Aqsa memang ditujukan kepada umat muslim di akhir zaman. Ia akan tetap berdiri hingga mendekati akhir zaman.

 

 

Baca Juga : 10 Muslihat Israel untuk Kuasai Palestina

 

Nabi Sulaiman A.s Mendoakan Muslim yang Salat di Masjid Al-Aqsa

Kajian Palestina Doa Nabi Sulaiman A.s untuk Muslim yang Salat di Masjid Al-Aqsa www.aqsainstitute.org - Aqsa Institute

Keterangan: Kompleks Masjid Al-Aqsa  yang disebutkan dalam Alquran surah Al-Isra (Foto: Suara Palestina)

 

Keistimewaan Masjid Al-Aqsa yang telah dibangun sejak zaman Nabi Adam a.s membuat kita semakin tahu, bahwa bukan hanya orang-orang Palestina saja yang mengistimewakannya. Melainkan sumber utamanya adalah dari Allah Yang Maha Agung. Dari namanya saja sudah tertulis di dalam surah Al-Isra ayat 1 yaitu Baitul Maqdis.

 

Kemudian para nabi pun memuliakan tempat tersebut, maka sudah sepatutnya kita sebagai umat Islam pun memuliakan dan mengistimewakan Masjid Al-Aqsa. Hingga Nabi Sulaiman a.s pernah berdoa memohon kepada Allah, bagi muslim yang datang dan salat di Masjid Al-Aqsa maka akan diberi surga.

 

“Ia juga memohon kepada Allah agar siapapun yang keluar dari rumahnya tidak ada keinginan lain kecuali hanya untuk shalat di Masjid ini, maka kesalahannya keluar darinya seperti anak yang baru dilahirkan ibunya…”

 

Meski doa tersebut belum dikabulkan, Nabi Sulaiman a.s adalah hamba-Nya yang taat, di mana setiap doa nabi akan dikabulkan oleh Allah Swt. Wallahualam bishawab.(izzah/aqsainstitute)

 

Sumber: Hadis Ibnu Majah, Islam Story

Komentar

Share this post