10 Muslihat Israel untuk Kuasai Palestina

Kajian Tentang Palestina_10 Muslihat Israel untuk Kuasai Palestina(1)_www.aqsainstitute.org

10 Muslihat Israel untuk Kuasai Palestina

Israel berambisi besar untuk mendapatkan tanah Palestina. Mereka terus melancarkan sebuah taktik agar sedikit demi sedikit dapat menguasai tanah tersebut.

 

aqsainstitute.orgPalestina adalah tanah umat muslim yang hingga kini belum merdeka. Di sisi lain, Israel terus menerus melancarkan upaya penyerangan terhadap Palestina agar wilayah tersebut dapat dikuasainya.

 

Pusat informasi Palestina melansir ringkasan hasil kajian dari sebuah penelitian tentang muslihat Israel untuk menguasai Palestina, bahwa Jalur Gaza berada di bawah kendali Israel. Hal ini merupakan salah satu upaya Israel untuk menguasai Palestina.

Berikut lembaga kajian palestina International Aqsa Institute menyajikan informasi mengenai 10 muslihat Israel untuk menguasai Palestina.

 

  1. Jalur Gaza di Bawah Kendali Israel

Kajian Tentang Palestina_10 Muslihat Israel untuk Kuasai Palestina(2)_www.aqsainstitute.org - Aqsa Institute

Keterangan:Pesawat Tempur Israel (Foto: Youtube)

Tidak hanya mengendalikan wilayah darat, Israel pun mengendalikan wilayah udara di Jalur Gaza. Mereka membuat penataan untuk pesawat tempur, di antaranya pesawat mata-mata dan pesawat tempur yang diluncurkan setiap malam. Hal inilah yang menyebabkan stres dan gangguan bagi penduduk yang tinggal di Jalur Gaza.

 

  1. Israel Larang Palestina Bangun Kembali Bandara Udara

Kajian Tentang Palestina_10 Muslihat Israel untuk Kuasai Palestina(3)_www.aqsainstitute.org - Aqsa Institute

Keterangan: Bekas Bandara Internasional di Gaza Pasca di Bom Oleh Tentara Israel (Foto: Sahabat Al-Aqsha)

Pada tahun 2001, bandara internasional Gaza yang merupakan simbol kebanggaan Palestina dihancurkan. Israel melarang Palestina untuk membangun kembali bandara tersebut. Kini bangunannya rusak parah, kemudian dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah dan tempat pengembalaan hewan ternak.

 

Akibat tidak ada bandara di Gaza, penduduk Palestina tidak mudah untuk keluar-masuk negara. Sedangkan perbatasan Rafah dibuka hanya beberapa hari saja setiap tahunnya. Termasuk perbatasan Erez Crossing Do Beit Hanoun yang hanya digunakan sekitar 5% dari populasi Jalur Gaza dalam kondisi yang sulit. Dari persimpangan ini, delegasi resmi dan internasional memasuki Jalur Gaza. Kemudian komoditas Gaza dikirimkan melalui pelabuhan Ashdod Israel.

 

  1. Israel Buat Keputusan Hukuman Kolektif Bagi Penduduk Gaza

Kajian Tentang Palestina_10 Muslihat Israel untuk Kuasai Palestina(4)_www.aqsainstitute.org - Aqsa Institute

Keterangan: Penduduk Palestina Ditahan dalam Penjara Israel Tanpa Alasan Jelas (Foto: Rozana)

 

Keputusan sewenang-wenang carrots and sticks yang dilakukan Israel dengan mengizinkan dirinya untuk menjatuhkan hukuman kolektif pada penduduk Gaza. Hukuman ditujukan bagi penduduk Gaza yang melakukan penyeberangan komersial Karam Abu Salem dan melakukan penangkapan ikan di laut yang jumlahnya tidak sesuai keinginan Israel.

 

  1. Zona Penyangga Sedalam 300 meter di Perbatasan

Israeli separation wall divides Shuafat Refugee Camp, Pisgat Zeev Israeli Settlement in West Bank www.aqsainstitute.org - Aqsa Institute

Keterangan: Dinding Pemisah Antara Israel dan Palestina, Dibuat Oleh Israel Untuk Membatasi Kehidupan Penduduk Palestina (Foto: Kennorphan)

Israel memberlakukan zona penyangga sedalam 300 meter di semua perbatasan Jalur Gaza. Israel mencegah penduduk Palestina mengakses daerah perbatasan. Bagi penduduk Palestina yang melanggar akan ditembak hingga meninggal atau dilukai.

 

  1. Wilayah Penangkapan Ikan di Gaza Dibatasi

Kajian Tentang Palestina_10 Muslihat Israel untuk Kuasai Palestina(6)_www.aqsainstitute.org - Aqsa Institute

Keterangan: Para Nelayan Gaza Sedang Mencari Ikan, Namun Wilayahnya Dibatasi oleh Israel (Foto: Albawaba)

 

Penjajah Israel membatasi wilayah penangkapan ikan hingga 6 mil laut. Padahal dalam perjanjian Oslo tahun 1993, batas teritorial laut Gaza berjarak hingga 20 mil.

 

Israel membuat keputusan yang licik, bahkan bukan hanya batas wilayahnya yang dibatasi. Seringkali nelayan Gaza dilarang menangkap ikan

 

  1. Israel Cegah Perbaikan Perahu Nelayan Gaza

Kajian Tentang Palestina_10 Muslihat Israel untuk Kuasai Palestina(7)_www.aqsainstitute.org - Aqsa Institute

Keterangan:Perahu Nelayan Gaza Bocor, Namun Israel Mencegah Mereka untuk Memperbaiki Kapalnya (Foto: Palestina israel)

 

Israel mencegah para nelayan Gaza untuk memperbaiki perahu layarnya dengan melarang masuknya bahan-bahan perbaikan (fiberglass). Akibat dari aturan Israel, para nelayan Gaza banyak yang kehilangan mata pencaharian karena kapalnya belum diperbaiki.

 

  1. Israel Buat Keputusan untuk Proyek Pemukiman Ilegal di Gaza

Kajian Tentang Palestina_10 Muslihat Israel untuk Kuasai Palestina(8)_www.aqsainstitute.org

Keterangan:Proses Israel Membangun Tanah Pemukiman dengan Menghancurkan Rumah Penduduk Palestina (Foto: International Sindonews)

Tanpa rasa segan, Israel membuat keputusan untuk proyek pengembangan Gaza. Mereka sendiri yang memutuskan dan menyetujui jumlah bahan bangunan yang dibutuhkan untuk proyek. Selain itu mereka juga memilih sendiri tempat pelaksanaan dengan membentuk komite untuk memantau proyek dan tingkat penerapannya.

 

  1. Penduduk Gaza Dipaksa Ikuti Aturan Israel

Kajian Tentang Palestina_10 Muslihat Israel untuk Kuasai Palestina(9)_www.aqsainstitute.org

Keterangan:Penduduk Palestina Sedang Mencari Akses Keluar dari Gaza (Foto: International Repubolika)

 

 

Penduduk Gaza tidak boleh melakukan segala sesuatu berdasarkan keinginannya. Semua harus sesuai dengan yang telah diatur oleh Israel.

 

Di antaranya membatasi akses ke Gaza dan membatasi hanya kepada mereka yang memenuhi kriteria, berlaku hanya untuk 5 % dari penduduk Jalur Gaza, termasuk partisipasi hibah pendidikan dan izin kerja internasional atas persetujuannya.

 

  1. Penduduk Gaza Tak Boleh Kunjungi Kerabat

Kajian Tentang Palestina_10 Muslihat Israel untuk Kuasai Palestina(10)_www.aqsainstitute.org

Keterangan:Seorang Ibu di Palestina Baru Bertemu dengan Anaknya Sepulang Ditahan Tentara Israel Bertahun-tahun (Foto: Sinar Harapan)

Sepertiga dari penduduk Gaza mempunyai kerabat di Tepi Barat sejak tahun 1948. Melalui keputusan Israel tahun 2007, penduduk yang tinggal di Gaza atau Tepi Barat tidak boleh saling mengunjungi kerabatnya.

 

Mereka boleh bertemu hanya dalam momen tertentu yang sangat istimewa seperti pemakaman, perkawinan, perawatan untuk pasien yang cacat. Itupun pihak keluaga hanya diperbolehkan mengunjungi sehari saja.

 

  1. Penerbangan Penduduk Gaza Dibolehkan Asalkan Tidak Kembali

Kajian Tentang Palestina_10 Muslihat Israel untuk Kuasai Palestina(11)_www.aqsainstitute.org

Keterangan: Penduduk Palestina Akan Terbang Ke Luar Negeri (Foto: Miraj News Agency)

Instruksi Israel tahun 2016 mengizinkan penduduk Gaza yang ingin pergi ke luar negeri, dengan syarat orang tersebut tidak boleh kembali lagi ke Gaza dalam tahun yang sama saat pergi.

 

Begitulah muslihat yang dilakukan oleh Israel untuk menguasai tanah Palestina. Orang-orang Israel berpikir dan berjuang keras untuk berbuat kejahatan. Kita tidak boleh kalah. Mari kita seimbangi perjuangan Israel, bahkan lampaui usaha mereka agar Palestina dapat segera menjemput kemerdekaannya. (izzah/aqsainstitute)

 

Sumber: Melayu Palinfo, Suara Palestina

Komentar

Share this post