Rencana Israel Terhadap Kota Alquds Tahun 2020

Kajian Palestina_Rencana Besar Israel untuk Merubah Kota Alquds Tahun 2020(1)_www.aqsainstitute.org - Aqsa Institute

Rencana Israel Terhadap Kota Alquds Tahun 2020

Israel melakukan perencanaan terstruktur untuk merubah Kota Alquds sesuai dengan kebutuhan mereka. Harapan Israel, tahun 2020 Alquds tidak ada lagi.

 

Aqsainstitute.org Pemerintahan Israel menerbitkan rencana besar yang disebut sebagai Rencana Induk Kota Alquds yang dibuat sejak tahun 2000 dan akan diterbitkan pada tahun 2020 mendatang.

 

Rencana tersebut berisi untuk merubah Kota Aquds menjadi sepenuhnya milik Israel, dengan melibatkan 91 profesional Yahudi diberbagai bidang sepert insiyur, seniman, perencana ahli, anggota dewan, politisi, dan perwakilan dari berbagai kementerian.

 

Rencana Induk Kota Aquds yang akan diluncurkan oleh Israel memiliki tujuan yang tidak adil bagi penduduk asli Palestina, berikut lembaga kajian Palestina International Aqsa Institute menyajikan informasinya untuk anda.

 

  1. Menyatukan Batas-Batas Wilayah Alquds

Kajian Palestina_Rencana Besar Israel untuk Merubah Kota Alquds Tahun 2020(2)_www.aqsainstitute.org - Aqsa Institute

Keterangan: Tembok Pembatas di Kota Alquds (Foto: Dakwatuna)

 

 

Menyatukan Kota Alquds Timur dan Barat, termasuk Kota Tua dan daerah yang dikenal sebagai “Lembah Suci Alquds” di bawah kekuasaan pemerintahan Israel.

 

Rencana ini akan menyatukan batas-batas wilayah Alquds, di mana wilayah tersebut telah diperluas sesuai dengan keputusan pemerintah Israel menjadi 126 hektar, yang mencangkup seluruh pemukiman bersama dengan 690 ribu penduduk.

 

Penyatuan wilayah ini, secara otomatis akan memperluas wilayah Alquds dan akan mengakusisi beberapa daerah pedesaan di Palestina.

  1. Jumlah Peningkatan Yahudi di Kota Alquds

Kajian Palestina_Rencana Besar Israel untuk Merubah Kota Alquds Tahun 2020(3)_www.aqsainstitute.org - Aqsa Institute

Keterangan: Populasi Pemukim Yahudi Terus Bertambah di Kota Alquds (Foto: CNN Indonesia)

Jumlah peningkatan pemukim Yahudi di Kota Alquds hingga 70%, sedangkan penduduk asli Palestina hanya 30%. Secara tidak langsung, ini akan mengakibatkan meningkatnya kekerasan, pelecehan dam perlakuan rasis yang dilakukan oleh pemukim Yahudi terhadap Palestina.

 

Tanpa di sadari, peningkatan jumlah pemukim Yahudi ini dimaksudkan untuk mengusir orang-orang Palestina. Sehingga ketika penduduk Palestina sudah tidak ada, Israel dapat seutuhnya menguasai tanah Palestina.

 

  1. Menciptakan Kondisi yang Mendukung Rencana Perubahan

Kajian Palestina_Rencana Besar Israel untuk Merubah Kota Alquds Tahun 2020(4)_www.aqsainstitute.org - Aqsa Institute

Keterangan: Serangan di Gaza untuk Mewujudkan Rencana Israel(Foto: CNN Indonesia)

 

Israel tidak pernah berhenti untuk melakukan berbagai serangan terhadap penduduk Palestina. Selain itu, mereka juga melakukan perjanjian perdamaian yang terlihat seolah baik dihadapan dunia.

 

Semua yang dilakukan oleh Israel tersebut tujuannya untuk mendukung rencana yang telah dibuatnya. Rencana untuk perubahan dan pengembangan Kota Alquds menjadi ibu kota, pusat pemerintahan, dan menjadikannya sebagai identitas utama bagi bangsa Yahudi sebagai sebuah negara.

 

Baca Juga : Benarkah Pembebas Palestina dari Indonesia? 

 

  1. Mengubah Landmark Terkait Sejarah Islam

Kajian Palestina_Rencana Besar Israel untuk Merubah Kota Alquds Tahun 2020(5)_www.aqsainstitute.org - Aqsa Institute

Keterangan: Situs Masjid Al-Aqsa Sebagai Sejarah Penting Bagi Umat Islam (Foto: Pusat Informasi Palestina)

Tujuan licik Israel bahkan sampai kepada mereka juga ingin mengubah seluruh landmark yang terkait dengan pengetahuan, budaya, dan sejarah Islam di Kota Alquds menjadi tempat bersejarah untuk pengembangan pengetahuan dan peradaban Yahudi.

 

Proses mengubah landmark tersebut melalui penggalian terowongan di bawah Masjid Al-Aqsa, menghancurkan sebagian wilayah Masjid Al-Aqsa kemudian dijadikan sebagai situs headway Kota Alquds yang bersejarah bagi Yahudi.

 

Secara khusus, agenda utama dari rencana Israel adalah untuk mengubah area Masjid Al-Aqsa dengan total luas 141 hektar menjadi kuil Solomon.

 

  1. Mengubah Sistem di Alquds

Kajian Palestina_Rencana Besar Israel untuk Merubah Kota Alquds Tahun 2020(6)_www.aqsainstitute.org - Aqsa Institute

Keterangan: Pemerintah Israel Mengizinkan Yahudi Memasuki Masjid Al-Aqsa (Foto: Islam Times)

Israel melakukan perubahan pada urutan demografi, ekonomi, sosial, pendidikan, dan politik di Alquds dan sekitarnya.

 

Hal ini bertujuan untuk menjadikan Kota Alquds sebagai area terbuka bagi proyek perluasan pemukim Yahudi. Proyek yang akan membuat perubahan bentuk bangunan dan bahkan nama berbagai tempat disesuaikan dengan nama-nama Yahudi.

 

  1. Pengembangan Jalur Transportasi

Kajian Palestina_Rencana Besar Israel untuk Merubah Kota Alquds Tahun 2020(7)_www.aqsainstitute.org - Aqsa Institute

Keterangan: Ilustrasi Rencana Israel untuk Pengembangan Jalan di Kota Alquds (Foto: Melayu Palinfo)

Israel mengembangkan jalur transportasi dan menyelesaikannya untuk pemukim Yahudi di Tepi Barat dan Yerussalem, serta jalur transportasi resmi ke tempat-tempat suci dan tempat bersejarah.

 

Selain itu, mereka merencanakan akan membangun kereta api yang mencangkup sekitar Kota Tua, Silwan, Lembah Kidron dan meluas hingga ke Ras Al ‘Amud dan pemakaman Yahudi kemudian menuju ke Bukit Zaitun, Syeikh Jarrah, dan berakhir di Wadi Jauz.

 

  1. Proyek Dimulai Dari Alquds

Keterangan: Kota Tua di Alquds (Foto: Travel Kompas)

 

Rencana perubahan yang akan dilakukan oleh Israel akan dimulai dari Kota Tua dan “Lembah Suci Alqusa” (Yahudi). Alasannya karena wilayah tersebut merupakan tempat pertumbuhan dan perkembangan Alquds atau khususnya wilayah ini merupakan “Kota Daud” yang menjadi pemisah antara empat wilayah Kota Tua.

 

Selain itu, proyek ini memiliki tujuan untuk menyelesaikan pembangunan kota wisata di sepanjang jalan Al Wadi ke Bab Al Asbat. Jalan tersebut akan membawa wilayah Bab Al Amud, Via Dolosora (Jalan Penderitaan), Sa’adia, dan Rumah Sakit Hospes kemudian mengembangkan pariwisata di wilayah tersebut. Selain itu akan mendirikan Universitas Teknologi dan Universitas International Yahudi di pusat Kota Alquds, serta memindahkan Fakultas Pertanian ke Alquds Timur.

 

  1. Ringkasan Rencana Utama Yahudi

Kajian Palestina_Rencana Besar Israel untuk Merubah Kota Alquds Tahun 2020(9)_www.aqsainstitute.org - Aqsa Institute

Keterangan: Ilustrasi Kota Alquds yang Direncanakan Israel  (Foto: Pusat Informasi Palestina)

 

Pemerintahan Israel sudah membuat perencanaan untuk merubah semua yang dimiliki oleh Kota Alquds. Rencana tersebut tertulis dalam 17 bab dan dijelaskan dengan 700 halaman.

 

Poin yang direncanakan tersebut di antaranya: Dokumen strategi perencanaan (definisi dan tujuan), Wilayah terbuka, Kota Tua, Tempat Tinggal, Pusat Kota dan, Kegiatan, Ekonomi, Pendidikan Tinggi, Manajemen Bangunan Bersejarah, Tempat, Bersejarah, Pelayanan Publik, Pariwisata, Angkutan, Kondisi Alam, Infrastruktur, dan Rencana Cadangan.

 

Sahabat Aqsa, bagaimana jika rencana ini betul-betul terealisasikan? Tentu hal ini akan membuat marah seluruh umat muslim. Mari kita bersatu mempertahankan hak umat muslim di Palestina.(izzah/aqsainstitute)

Komentar

Share this post