Sejarah Penetapan Hari Solidaritas Palestina

Sejarah Penetapan Hari Solidaritas Palestina(1)_www.aqsainstitute.org - Aqsa Institute

Sejarah Penetapan Hari Solidaritas Palestina

Hari solidaritas Palestina turut dikampanyekan oleh warga di berbagai negara, hal ini merupakan wujud dukungan terhadap kebebasan Palestina.

 

Aqsainstitute.orgHari Solidaritas Internasional untuk Palestina ditetapkan pada tanggal 29 November 1977 oleh PBB. Tujuannya adalah sebagai pengingat bahwa pada tahun 1967 Israel melakukan pelanggaran dan mengakui Kota Alquds sebagai ibu kota mereka, tanpa persetujuan dari masyarakat dunia.

 

Penetapan hari solidaritas Palestina tersebut merupakan mandat Majelis Umum PBB melalui resolusi 32/40 B pada tanggal 2 Desember 1977 dan Resolusi 34/65 D pada tanggal 12 Desember 1979.

 

Tanggal tersebut dipilih karena memiliki makna penting bagi rakyat Palestina. Pada tanggal 29 November 1947, Majelis Umum PBB mengadopsi resolusi 181 (II), kemudian dikenal sebagai resolusi Partisi.

Sejarah Penetapan Hari Solidaritas Palestina(2)_www.aqsainstitute.org - Aqsa Institute

Keterangan: Aksi Solidaritas Palestina di Sydney (Foto: Honisoit)

 

Resolusi Partisi memberikan pembentukan “Negara Yahudi” dan “Negara Arab” di Palestina dengan Alquds sebagai corpus separatum atau satu tubuh yang terpisah, di bawah rezim internasional khusus. Namun dari dua negara yang akan dibuat di bawah resolusi tersebut hanya Israel yang terealisasikan.

 

Hari Solidaritas Internasional secara ringan memberikan kesempatan bagi komunitas internasional untuk memusatkan perhatian pada fakta permasalahan di Palestina yang masih belum terselesaikan. Rakyat Palestina belum mendapatkan hak-hak untuk menentukan sendiri nasib bangsanya dan hak untuk kembali ke rumah setelah pengusiran yang dilakukan oleh Israel.

 

Baca Juga :  Inilah 4 Pahlawan Pembebas Al-Aqsa

Sejarah Penetapan Hari Solidaritas Palestina(3)_www.aqsainstitute.org - Aqsa Institute

Keterangan: Pertemuan untuk Peringatan Hari Solidaritas Palestina di Markas PBB, New York (Foto: United Nation)

 

Peringatan Hari Solidaritas Palestina dilakukan setiap tahun oleh pemerintah dan masyarakat dunia. Kegiatan tersebut di antaranya: penerbitan pesan khusus solidaritas kepada rakyat Palestina, pertemuan antar organisasi di dunia, penyebaran informasi kepada dunia, dan pemutaran film.

 

Peringatan internasional dilakukan oleh Komite rakyat Palestina yang mengadakan pertemuan khusus. Pertemua tersebut untuk merayakan Hari Solidaritas International di Markas Besar Perserikatan Bangsa-Bangsa, New York.

Sejarah Penetapan Hari Solidaritas Palestina(4)_www.aqsainstitute.org - Aqsa Institute

Keterangan:Menteri Luar Negeri Indonesia Berpidato dalam Peringatan Hari Solidaritas Palestina di Jakarta (Foto: Liputan6)

Bukan hanya negara-negara di luar negeri, Indonesia pun mengadakan Hari Solidaritas Palestina di Jakarta. Dalam kegiatan tersebut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, bahwa Indonesia akan mendukung dan membantu kemerdekaan Palestina.

 

Selain itu, beliau juga mengatakan bahwa semua negara harus berpasrtisipasi dalam penguatan kapasitas dan upaya perdamaian. Akan memberikan dukungan dalam pemulihan ekonomi, membentuk program pengembangan dan pemberdayaan bagi warga Palestina.

 

Sahabat Aqsa di manapun berada, mari kita turut mengambil peran dalam peringatan Hari Solidaritas Palestina ini. Yuk persiapkan dari sekarang.(izzah/aqsainstitute)

 

Sumber: United Nation, TRT World, Oke Zone

Komentar

Share this post