Inilah 4 Pahlawan Penting Pembebas Al-Aqsa

Kajian Palestina_Inilah 4 Pahlawan Penting Pembebas Al-Aqsa(1)_www.aqsainstitute.org

Inilah 4 Pahlawan Penting Pembebas Al-Aqsa

Masjid Al-Aqsa sejak dulu menjadi incaran orang-orang Yahudi. Umat muslim tidak menyerah, hingga dari generasi ke generasi mencetak para pahlawan pembebas Al-Aqsa.

aqsainsitute.org- Saat membicarakan Masjid Al-Aqsa, kita tidak hanya bisa membayangkan bangunan-bangunan bersejarahnya yang indah saja, sebagaimana yang tercantum dalam buku-buku ensiklopedia dan kajian Palestina. Lebih dari itu, Al-Aqsa memiliki cerita penistaan yang dilakukan oleh tentara Israel kepada masjid tersebut.

Mereka sangat menginginkan kepemilikan Masjid Al-Aqsa, sehingga berbagai cara pengusikan terhadap umat muslim dilakukan, agar muslimin menyerah dan Masjid Al-Aqsa dapat mereka rebut.

Namun tahukah sahabat, bahwa sejak zaman kekhalifahan sudah ada yang berjuang membebaskan Al-Aqsa dari jajahan Zionis. Berikut lembaga kajian Palestina, International Aqsa Institute (IAI) akan memberikan informasi mengenai 4 pahlawan penting pembebas Al-Aqsa.

  1. Umar bin Khattab

    Ilustrasi Khalifah Umar Bin Khattab (Foto: Google)

    Umar bin Khattab adalah khalifah kedua setelah kepergian Rasulullah Saw. Beliau memiliki karakter yang tegas dan kuat.

    Pada masa kekhalifahan Umar bin Khattab berhasil memenangkan perang Yarmurk. Kemenangan tersebut sebagai pintu dapat menguasai wilayah Syam yang di dalamnya ada Palestina pemilik Masjid Al-Aqsa.

    Selanjutnya, Khalifah Umar memberikan jaminan kehidupan bagi penduduk Alquds melalui perjanjian ‘Al-Uhdah Al-Umariyah pada tahun 15 Hijriyah.

  2. Nuruddin Zanki

    Ilustrasi Sultan Nuruddin Zanki Inspirator Pembebas Al-Aqsa (Foto: Note Santri)

    Nuruddin Zanki adalah seorang pemimpin dinasti Zanki Mosul yang bijaksana dan inspirator sejati. Beliau membangkitkan tradisi keilmuan, nilai-nilai keislaman, dan terus mengumandangkan pembebasan Al-Aqsa melaui majlis ilmu kepada umat khususnya pemuda.

    Pada era Kesultanan Nuruddin Zanki ini menjadi pusat pertemuan tokoh-tokoh yang memiliki visi dan misi untuk membebaskan tanah-tanah muslim yang terjajah.

    Kebijakan yang dibuatnya yakni, mempersiapkan masyarakat Islami, membangun pemerintahan Islami, menghilangkan permusuhan antar mazhab atau memperkuat barisan antar sesama muslim, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, membangun kekuatan militer, dan menyatukan pemerintahan Syam yang terpisah-pisah.

    Atas kesabarannya, beliau berhasil mencetak generasi-generasi penerus yang siap membebaskan Al-Aqsa.

  3. Namjuddin Ayyub

    Ilustrasi Namjuddin Ayyub Seorang Ayah yang Berperan unuk Pembebasan Al-Aqsa (Foto: Google)

    Namjuddin Ayyub adalah seorang ayah dari laki-laki pembebas Al-Aqsa, yakni Shalahuddin Al-Ayyubi. Beliau memiliki peran dalam membebaskan Al-Aqsa melalui generasinya.

    Beliau menikahi seorang perempuan fakir harta, namun hatinya sangat kaya akan keimanan kepada Allah. Melalui pernikahan tersebut, terlahirlah seorang laki-laki yang kemudian dididik menjadi seorang pahlawan pembebas Al-Aqsa.

  4. Salahuddin Al-Ayyubi

    Ilustrasi Shalahuddin Al-Ayyubi Sang Penakluk Al-Aqsa dan Palestina (Foto: Radar Islam)

    Shalahuddin Al-Ayyubi adalah seorang laki-laki yang dibesarkan dalam lingkungan yang baik dan dididik untuk menjadi seorang pembebas Al-Aqsa.

    Melalui kedua orang tua yag selalu medoakan anaknya dan sebuah inspirasi dari gurunda Nuruddin Zanki, Shalahuddin menjadi pahlawan.

    Pada 27 Rajab 582 (2 Oktober 1187 M), Shalahuddin bersama umat muslim lainnya berhasil membebaskan Palestina dan Al-Aqsa, seperti yang pernah dilakukan oleh Umar bin Khattab sebelumnya. Kemenangan ini dapat diraih setelah menghadapi kaum Sabilis.

    Sahabat Aqsa, keempat pahlawan pembebas Al-Aqsa ini menjadi tauladan untuk kita semua agar dapat mengikuti jejak mereka. Semoga kelak bermunculan pahlawan pembebas Al-Aqsa selanjutnya. (izzah/aqsainstitute)

     

    Sumber: Harapan Amal Mulia, Hidayatullah

Komentar

Share this post