Arti Penting Kota Alquds Bagi Umat Muslim

Ceramah Tentang Palestina_Arti Penting Alquds Bagi Muslim(1)_www.aqsainstitute.org - Aqsa Institute

Arti Penting Kota Alquds Bagi Umat Muslim

Sebagai seorang muslim, kita harus meyakini bahwa Kota Alquds penting. Kota ini disucikan oleh Allah, dan diistimewakan oleh para nabi.

 

Sahabat Aqsa, seringkali kita mendengar atau diberitahu melalui sebuah ceramah tentang Palestina bahwa Kota Alquds itu penting bagi seluruh umat muslim.  Namun belum sepenuhnya mengetahui, apa alasan dibalik pentingnya Kota Alquds.

 

Dalam Kota Alquds, memang ada Masjid Al-Aqsa yang dibangun oleh Nabi Yakub a.s, dan Nabi Muhammad saw pun mendoakan untuk keberkahan Masjid Al-Aqsa. Namun adakah alasan lain yang lebih utama untuk menjelaskan pentingnya Kota Alquds. Apa karena Yahudi sangat tertarik dengan Alquds dan ingin merebut wilayah Masjid Al-Aqsa, sehingga penting bagi kita untuk melindunginya?

 

Sahabat, berikut ini penjelasan mengenai jawaban dari pertanyaan: “Mengapa Kota Alquds penting bagi umat muslim?”

 

  1. Kota Alquds Mendapat Keberkahan dari Allah
Ceramah Tentang Palestina_Arti Penting Alquds Bagi Muslim(2)_www.aqsainstitute.org - Aqsa Institute

Keterangan: Ilustrasi Kota Alquds yang Diberkahi (Foto: Info Satelit)

Kota Alquds dijadikan sebagai kota yang diberkahi bagi umat muslim di dunia Hal ini langsung disampaikan oleh Allah dalam firman-Nya.

 

Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (Qs. Al-Isra: 01)

 

 

  1. Allah Menjadikan Alquds sebagai kota suci
Ceramah Tentang Palestina_Arti Penting Alquds Bagi Muslim(3)_www.aqsainstitute.org - Aqsa Institute

Keterangan: Kota Alquds Menjadi Kota Suci Ke 3 Umat Muslim (Foto: Dunia Tempo)

Kota Alquds merupakan kota yang disucikan setelah kota Mekkah dan Madinah. Hal ini disebutkan dalam firman Allah.

 

Hai kaumku, masuklah ke tanah suci (Palestina) yang telah ditentukan Allah bagimu, dan janganlah kamu lari kebelakang (karena takut kepada musuh), maka kamu menjadi orang-orang yang merugi.” (Al-Maidah; 21)
Menurut tafsir Al-Muyassar atau Kementerian Agama Saudi Arabia, Musa berkata, “Wahai kaumku! Masuklah kalian ke tanah suci (Baitul Maqdis dan sekitarnya) yang telah Allah janjikan kepada kalian bahwa kalian akan memasukinya dan memerangi orang-orang kafir yang ada di sana, dan kalian tidak akan tunduk kepada para penjajah yang kejam, supaya kalian tidak merugi di dunia dan di Akhirat.”

  1. Salat dalam Kota Alquds Tepatnya di Masjid Al-Aqsa Lebih Diutamakan
Ceramah Tentang Palestina_Arti Penting Alquds Bagi Muslim(4)_www.aqsainstitute.org - Aqsa Institute

Keterangan: Salat di Masjid Al-Aqsa Diutamakan Bagi Umat Muslim (Foto: Jurnal Islam)

Begitu istimewanya Masjid Al-Aqsa, sehingga salat di dalam tersebut dinilai sangat baik dan lebih diutamakan dari pada salat di masjid lainnya. Hal ini disebutkan dalam sebuah hadist Rasulullah saw.

 

Dari Abu Dzar r.a berkata: Ketika kami berada di majelis Rasulullah saw, ada yang bertanya: Mana yang lebih utama Masjid Rasulullah saw  atau Baitul Maqdis? Rasulullah saw  bersabda:

“Mendirikan shalat di masjidku lebih baik dari 4 kali shalat di dalamnya, dan alangkah baiknya orang yang shalat tersebut. Hampir saja seseorang mendapatkan tanah seperti panjangnya tali kekang kudanya dengan melihat Baitul Maqdis: Lebih baik baginya dari pada dunia semuanya”. (HR. al Hakim, 4/509, Dishahihkan dan disetujui oleh Adz Dzahabi dan al Baani dalam “As Silsilah ash Shahihah” diakhir pembahasan hadits nomor: 2902)

 

Baca Juga: Agar Tak Salah Langkah! Yuk Hadirkan Edukasi Palestina di Kotamu 

 

  1. Kota Alquds Tidak Akan Dimasuki Oleh Dajjal
Ceramah Tentang Palestina_Arti Penting Alquds Bagi Muslim(5)_www.aqsainstitute.org - Aqsa Institute

Keterangan: Ilustrasi Kota Alquds Tidak Dapat Dimasuki Oleh Dajjal (Foto: Google)

Kota Alquds yang sudah dijanjikan keberkahan dan dijadikan sebagai kota suci oleh Allah, tidak akan bisa dimasuki oleh dajjal. Sebagaimana yang kita tahu, bahwa dajjal adalah makhluk berdosa yang akan menyebarkan fitnah dahsyat di akhir zaman.

 

Hal tersebut disebutkan dalam hadist Rasulullah saw :“…Bahwasanya (Dajjal) akan muncul di muka bumi semuanya kecuali di Masjidil Haram dan Baitul Maqdis”. (HR. Ahmad )

 

  1. Dajjal Akan Terbunuh di Dekat Kota Alquds oleh Nabi Isa a.s
Ceramah Tentang Palestina_Arti Penting Alquds Bagi Muslim(6)_www.aqsainstitute.org - Aqsa Institute

Keterangan: Ilustrasi Nabi Isa Akan Bunuh Dajjal di Dekat Kota Alquds (Foto: Google)

Pada akhir zaman nanti, saat Dajjal menyebarluaskan fitnah di seluruh kota, ia mendekat dan ingin memasuki Kota Alquds. Namun hal itu tidak akan pernah terjadi, hingga terjadilah pengejarannya oleh Nabi Isa.

 

Di sebuah kota dekat dengan Kota Alquds, Dajjal akan dikalahkan dan dibunuh oleh Nabi Isa. Kota tersebut adalah pusat tempat tinggal para Yahudi, ialah Kota Lud.

 

Hal ini disebutkan dalam hadist Rasulullah saw: “ Isa ibnu Maryam akan membunuh Dajjal di pintu “Ludd”. (HR. Muslim)

 

  1. Alquds Tempat Terjadinya Peristiwa Isra Miraj
Ceramah Tentang Palestina_Arti Penting Alquds Bagi Muslim(7)_www.aqsainstitute.org - Aqsa Institute

Keterangan: Masjid Al-Aqsa Tempat Terjadinya Peristiwa Isra Miraj (Foto: Bangka Pos)

Kota Alquds atau lebih tepatnya di dalam Masjid Al-Aqsa merupakan tempat terjadinya peristiwa Isra Miraj. Pada malam itu, Nabi Muhammad  saw pertama kalinya menerima perintah untuk menjalankan salat 5 waktu.

 

Hal ini disebutkan dalam firman Allah: “Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha”. (QS. Al-Isra’: 01)

 

Baca Juga: 7 Keistimewaan Palestina yang Wajib Kamu Ketahui 

  1. Kiblat Pertama Umat Muslim berada di Kota Alquds
Ceramah Tentang Palestina_Arti Penting Alquds Bagi Muslim(8)_www.aqsainstitute.org - Aqsa Institute

Keterangan: Ilustrasi Muslim Menjadikan Masjid Al-Aqsa Sebagai Kiblat Pertama (Foto: Google)

Dalam Kota Alquds terdapat Masjid Al-Aqsa yang dijadikan sebagai kiblat pertama umat muslim, sebelum turun perintah untuk menghadap ke Ka’bah.

 

Sebagaimana hadits Bara r.a bahwa “Rasulullah saw salat menghadap ke Baitul Maqdis selama 16 atau 17 bulan”. (HR. Bukhori 41, dan Muslim 525)

 

 

  1. Allah Anjurkan Kota Alquds Sebagai Tujuan Perjalanan
Ceramah Tentang Palestina_Arti Penting Alquds Bagi Muslim(9)_www.aqsainstitute.org - Aqsa Institute

Keterangan: Ilustrasi Para Nabi Sedang Melakukan Perjalanan Menuju Alquds tepatnya ke Masjid Al-Aqsa (Foto: Islamic Bridge)

Kota Alquds mendapatkan keistimewaan , boleh dijadikan sebagai tempat tujuan perjalanan seorang muslim dengan niat untuk beribadah di dalam Masjd Al-Aqsa.

 

Sebagaimana yang telah disebutkan dalam hadist: “Jangalah kalian bersengaja melakukan perjalanan kecuali kepada tiga masjid: al Masjidil Haram, dan Masjid Rasulullah saw dan Masjid Al-Aqsa”. (HR. Bukhori)

 

Keutaman-keutamaan tersebut tentunya menjadi alasan kuat, hal inilah yang membuat Kota Aquds menjadi kota yang sangat penting bagi umat muslim.

Sahabat, mari mempelajari kajian tentang Palestina dan Islam, agar dapat mengetahui Palestina lebih luas lagi. Yuk segera daftarakan kota Anda untuk mengadakan kajian edukasi Palestina, Hubungi melalui nomor (0813 5800 5700) atau dapat melalui link edukasi (bit.ly/edukasipalestina). (izzah/iai)

 

Sumber: Islamqa Info, Islampos

Komentar

Share this post