Sumpah Pemuda Indonesia untuk Palestina

Sumpah Pemuda Indonesia untuk Palestina

Peringatan Sumpah Pemuda adalah momentum untuk merefleksikan diri, sejauh apa peran pemuda Indonesia untuk kemajuan negerinya dan kemerdekaan negeri saudaranya, Palestina.

Lembaga kajian Palestina International Aqsa Institute kali ini akan mengajak sahabat untuk mengenang kembali peristiwa bersejarah di Indonesia, yaitu Sumpah Pemuda.

Sumpah Pemuda terjadi pada tanggal 28 Oktober 1928. Peristiwa Sumpah Pemuda merupakan gambaran dari perjuangan dan peran yang dilakukan oleh para pemuda terdahulu. Mereka melakukan ini sebagai bentuk kontribusi terhadap negara Indonesia.

Nah sahabat Aqsa, peringatan Sumpah Pemuda ini bisa dijadikan momentum untuk refleksi diri, tentang sejauh mana kontribusi nyata kita untuk merawat kemerdekaan negeri yang telah diraih. Untuk melakukan hal tersebut, kita perlu berkaca kembali pada jasa-jasa yang telah diberikan oleh bangsa yang pertama kali mengakui kemerdekaan Indonesia, yaitu Palestina.

Ilustrasi Sumpah Pemuda Indonesia (Foto: Okezone)

Jika dulu para pemuda melakukan gerakan untuk mencapai kemerdekaan melalui Sumpah Pemuda, maka yang harus kita lakukan saat ini adalah menjaga kemerdekaan bangsa Indonesia yang telah terwujud hingga kini.

Dalam momentum Sumpah Pemuda ini, pemuda Indonesia sepatutnya mengingat kembali, bahwa kemerdekaan negeri ini tak lepas dari peran-peran bangsa Palestina, yang tidak hanya memikirkan negerinya sendiri tapi juga kemerdekaan negeri Indonesia.

Masya Allah. Sudahkah kita sebagai pemuda memikirkan sejauh itu? Berkontribusi dan mencurahkan kepedulian tak hanya untuk negeri sendiri, tapi untuk dunia.

Para Pemuda Indonesia Melakukan Aksi Bela Palestina di Jakarta Tahun 2017 (Foto: Republika)

Sebagai bangsa yang terikat sejarah dengan Palestina, hendaklah kita sebagai pemuda, membuka mata dengan segala kondisi yang terjadi di Palestina saat ini. Palestina membutuhkan bantuan dunia, terutama kita sebagai saudara muslimnya, untuk menyongsong kemerdekaan negerinya .

Untuk itu, International Aqsa Institute mengajak sahabat untuk bersama-sama berkomitmen, serta mendeklarasikan sumpah untuk melakukan gerakan nyata dan berkontribusi dalam kemerdekaan Palestina. Kita bisa memulainya dengan kontribusi-kontribusi kecil yang mudah dilakukan, di antaranya:

  1. Aktif Ikuti Kegiatan Palestina

Sebagai pemuda harus aktif mengikuti berbagai kegiatan yang berkaitan dengan Palestina termasuk aksi solidaritas untuk Palestina.

  1. Bantu Palestina dengan Berdonasi

Sebagai pemuda harus turut membantu melalui harta terbaik untuk Palestina

  1. Ajak Orang-Orang Terdekat untuk Bantu Palestina

Sebagai pemuda harus mampu mempengaruhi orang-orang terdekat untuk berbuat kebaikan yakni turut berperan dalam memberantas penjajahan di tanah Palestina

  1. Buat Gerakan Boikot Produk Penjajah Israel

Sebagai pemuda harus ikut andil dalam agenda pemboikotan atau Boycott, Divestment and Sanctions (BDS), yaitu sebuah kampanye global yang menekan Israel dari segi ekonomi dan politik.

  1. Kirimkan Doa Terbaik untuk Palestina

Sebagai pemuda harus terus melantunkan doa untuk kemerdekaan Palestina, karena doa adalah senjata terbaik bagi umat Islam.

Sahabat, mari kita buat sejarah Sumpah Pemuda sebagai bahan refleksi agar lebih semangat dalam memberikan kontribusi terhadap Indonesia dan Palestina. (izzah/iai)

 

Sumber: Kasih Palestina, Detik News, Wikipedia

Komentar

Share this post