fbpx

7 Keistimewaan Palestina yang Wajib Kamu Ketahui

7 Keajaiban Palestina_2 - www.aqsainstitute.org

7 Keistimewaan Palestina yang Wajib Kamu Ketahui

Palestina menjadi bahasan penting bagi seluruh umat muslim di dunia. Hal ini bukan hanya karena negeri Palestina dijajah dan belum mendapatkan hak kemerdekaannya saja, akan tetapi negeri Palestina memiliki 7 keajaiban bagi seluruh umat muslim.

aqsainstitute.org – Palestina merupakan negeri yang hingga kini belum mendapatkan hak kemerdekaan, serangan datang berulang kali hingga dengan mudah menewaskan ratusan bahkan ribuan korban jiwa.

Kita sering mendengar kisah tragis pembantaian dan pembunuhan di Palestina, juga dengan perjuangan warganya yang tak pernah padam. Akan tetapi banyak yang tidak mengetahui, sebenarnya yang mereka perjuangkan itu apa?

Perlu diketahui, bahwa Palestina merupakan negara yang memiliki keajaiban, khususnya bagi umat muslim. Berikut Aqsa Institute, lembaga kajian palestina sajikan 7 keajaiban Palestina yang wajib kamu ketahui:

1. Mubarakah (Negeri Yang Diberkahi)

7 Keajaiban Palestina_2 - www.aqsainstitute.org

Keterangan: Warga Palestina Panen Buah-buahan Terbaik (Foto: suarapalestina.com)

Palestina merupakan tempat diutusnya para nabi dan tempat turunnya para malaikat. Palestina juga menjadi tempat tujuan nabi Musa setelah kejaran Fir’aun dan  menyeberangi Laut Merah.

Secara fisik, makna berkah bisa juga dari tanah yang subur dan kekayaan alam yang dimiliki Palestina.

Sebagaimana yang tertuang di dalam Al-Qur’an surat Al-Anbiya (21) ayat 81 yang artinya, “Dan (Kami tundukkan) untuk Sulaiman angin yang sangat kencang tiupannya yang berembus dengan perintahnya ke negeri yang Kami berikan berkah padanya. Dan Kami Maha Mengetahui segala sesuatu.”

2.  Muqadasah ( Negeri Yang Disucikan)

7 Keajaiban Palestina_3 - www.aqsainstitute.org

Keterangan: Masjid Al-Aqsha sebagai lambang negeri yang disucikan (Foto:travel.detik.com)

Allah mensucikan negeri Palestina untuk segenap kaum muslim. Pada zaman Nabi, Allah mengirimkan orang-orang saleh yang mampu memberantas kesyirikan di sana.

Sehingga, Palestina menjadi tempat yang bersih dari kesyirikan dan ditinggali orang-orang beriman. Kesucian negeri Palestina termaktub dalam Alquran, juga Injil dan Taurat.

Ceramah ulama palestina: FATWA HARAM MENGUNJUNGI MASJID AL-AQSHA 

Penjelasan tersebut terdapat dalam Al-Qur’an surat Al-Ma’idah (5) ayat 21 yang artinya, “Wahai kaumku! Masuklah ke tanah suci (Palestina) yang telah ditentukan Allah bagimu, dan janganlah kamu berbalik ke belakang (karena takut kepada musuh), nanti kamu menjadi orang yang rugi.”

3. Islamiyah (Negeri Islam)

7 Keajaiban Palestina_4 - www.aqsainstitute.org

Keterangan: Panji Kebesaran Umat Islam Berkibar (Foto:republika.id)

Palestina menjadi negeri Islam sejak zaman Nabi Sulaiman A.S. Beliau pemimpin kerajaan yang membawa ajaran tauhid dari Allah SWT kepada umatnya.
Pada saat itu, Kerajaan Sulaiman sangat mewah dan mampu menyejahterakan rakyat secara merata di Palestina.

Penjelasan tersebut tertuang dalam firman Allah: “ Dikatakan kepadanya (Balqis),”Masuklah ke dalam istana.” Maka ketika dia (Balqis) melihat (lantai istana) itu, dikiranya kolam air yang besar, dan disingkapkannya (penutup) kedua betisnya, Dia (Sulaiman) berkata,”Sesungguhnya ini hanyalah lantai istana yang dilapisi kaca.” Dia (Balqis) berkatalah,” Ya Tuhanku, sungguh aku telah berbuat zhalim terhadap diriku. Aku berserah diri bersama Sulaiman kepada Allah, Tuhan seluruh alam.” (QS 27:44)

 4Alamiyah (Negeri Seluruh Umat Muslim)

7 Keajaiban Palestina_5 - www.aqsainstitute.org

Keterangan: Ilustrasi Umat Muslim di Palestina (Foto: tribunnews.com)

Palestina juga menjadi rumah negeri Islam saat terjadi cobaan dan fitnah begitu dahsyat ketika akhir zaman nanti. Pada saat itulah Palestina akan menjadi tempat berkilaunya iman Islam.

Penjelasan tersebut terdapat pada surat Al-Anbiya (21) ayat 71 yang artinya, “Dan Kami selamatkan dia (Ibrahim) dan Lut ke sebuah negeri yang telah Kami berkahi untuk seluruh alam.”

Pada hadist tersebut dijelaskan, bahwa negeri diberkahi untuk seluruh alam bukan hanya untuk Palestina saja. Akan tetapi, alam ini milik Allah, sehingga Palestina menjadi negeri yang keberkahannya dirasakan oleh umat muslim hingga akhir zaman.

5. Ardul Isra’ Wal Mi’raj (Negeri Isra Mi’raj Rasulullah)

7 Keajaiban Palestina_6 - www.aqsainstitute.org

Keterangan: Ilustrasi Peristiwa Isra’ Mi’raj (Foto:aktual.com)

Palestina menjadi terminal akhir dari perjalanan Isra’ Nabi Muhammad Saw. dan sekaligus titik awal Mi’rajnya ke langit untuk menerima perintah shalat lima waktu.

Peristiwa ini sangat penting bagi umat muslim, sehingga setiap tahun ada peringatan untuk mengenang kisah yang tidak pernah terlepas dari sejarah tanah Palestina.

Penjelasan tersebut termaktub dalam Al-Qur’an surat Al-Isra ayat 1 yang artinya : “Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

6. Ardul Qiyamah (Negeri Kiamat)

7 Keajaiban Palestina_7 - www.aqsainstitute.org

Keterangan: Ilustrasi Malaikat Israfil Meniupkan Terompet di Hari Kiamat (Foto:sriwijayaaktual.com)

Palestina merupakan negeri tempat berkumpulnya manusia dari alam kubur pada hari kiamat.

Hal tersebut dijelaskan oleh tafsir Al-Jalalain dari QS. Qaf ayat 41, bahwa Allah memerintah malaikat Israfil untuk menyerukan kepada penghuni kubur untuk bangkit dan melaksanakan peradilan. Peristiwa ini berlangsung di atas Kubbah Shakhr di Baitul Maqdis, karena tempat ini paling dekat dengan langit.

7. Ardul Anbiya Wal Mursalin (Negeri Para Nabi dan Rasul)

7 Keajaiban Palestina_8 - www.aqsainstitute.org

Keterangan: Ilustrasi Nabi/ Rasul Menunggangi Kendaraan (Unta) (Foto:republika.co.id)

Palestina disebut sebagai negeri para nabi, dengan alasan bahwa banyak nabi-nabi dilahirkan, hidup dan dimakamkan di sana.

Di antara nabi-nabi tersebut adalah Nabi Ibrahim, Nabi Muhammad, Nabi Yusuf, Nabi Yaqub, Nabi Luth, Nabi Sulaiman, Nabi Ishak, Nabi Musa,Nabi Isa, dan Nabi Daud.

Nah, sekarang sudah tahu kan 7 keajaiban Palestina? (izzah/aqsainstitute)

Komentar

Share this post