fbpx

Kebiasaan Unik Warga Palestina Saat Sambut Idul Adha

Kebiasaan Unik Warga Palestina Saat Sambut Idul Adha

aqsainstitute.org – Hari raya Idul Adha disambut gembira oleh seluruh muslim di Indonesia, tak terkecuali di Palestina. Seperti di Indonesia, setelah salat ied, warga menyembelih hewan kurban dan membagi-bagikannya. Kemeriahan Idul Adha bahkan melebihi riuhnya hari raya Idul Fitri.

Ingin tahu kebiasaan unik lainnya saat Idul Adha di sana? Mari kita simak bahasan dari International Aqsa Institute (IAI), Lembaga edukasi Palestina tentang keunikan yang terjadi disana.

Memakai Baju Baru

Jika di Indonesia, umat muslim memakai baju baru saat Idul Fitri maka di Palestina anak-anak dan orang dewasa mengenakan pakaian yang baru saat Idul Adha. Tak heran jika toko-toko dipenuhi oleh ibu-ibu yang ingin membelikan pakaian untuk putra dan putrinya, beberapa hari sebelum hari raya kurban. Setelah salat ied, anak-anak akan berjalan dengan gembira, dengan baju baru tersebut.

Libur Selama 4 Hari

Sungguh bahagia saat merayakan Idul Adha di Palestina, karena liburnya bukan cuma sehari, namun sampai 4 hari. Setelah salat ied, warga Palestina mengunjungi rumah orang tua, silaturahmi dan makan-makan. Esoknya, baru mereka bertamu ke rumah kerabat seperti hunian Bibi atau Paman. Di hari berikutnya, warga silaturahmi ke rumah saudara yang lain.

Rekreasi

Setelah silaturahmi ke rumah orang tua dan kerabat, ada warga yang mengajak keluarganya untuk rekreasi. Biasanya mereka piknik ke pantai atau menonton sirkus. Liburan Idul Adha terasa sangat menyenangkan, walau pusat perbelanjaan ditutup untuk sementara.

Makanan Khas Idul Adha

Di Palestina, makanan khas Idul Adha bukanlah sate kambing seperti  di Indonesia, tapi hidangan yang disebut Kaek. Kaek adalah roti yang rasanya manis karena berisi buah kurma. Makanan ini berasa semakin istimewa, karena memiliki topping gula.

Rakyat Palestina tetap menikmati suasana Idul Adha yang meriah, walau berada di tengah konflik. Mereka tetap bersyukur bisa salat Ied dan melakukan silaturahmi. Anak-anak bangga dengan baju baru yang dikenakan saat libur hari raya.

Sekian yang bisa IAI, perantara edukasi Palestina dengan pemateri Ulama asal Gaza, sampaikan dan semoga menambah pengetahuan Anda tentang negara itu.

Komentar

Share this post