fbpx

Hal Yang Berbeda Di Palestina Saat Ramadhan Tiba

Hal Yang Berbeda Di Palestina Saat Ramadhan Tiba

Bagi kita yang tinggal di negara-negara tidak berkonflik, pasti dapat menjalankan ibadah puasa dengan khusyuk. Selain itu, kita juga dapat menunaikan salat Tarawih di masjid-masjid yang utuh bangunannya, berbuka puasa bersama orang-orang yang disayangi dengan penerangan yang cukup, dan dapat menikmati hidangan berbuka yang menggugah selera.

Tetapi, lain halnya dengan penduduk di Palestina. Penduduk di negara berkonflik dengan Israel tersebut tidak dapat menjalankan ibadah puasa dengan khusyuk karena selalu terjadi peperangan, suara peluru yang dilepaskan dan bom selalu terdengar, berbuka puasa dengan hidangan seadanya tanpa orang-orang yang disayangi dan tanpa penerangan, serta menunaikan salat Tarawih dalam keadaan cemas di masjid-masjid yang sudah tidak utuh bangunannya. Dengan kondisi tersebut, kita wajib bersyukur atas keadaan yang aman dan tentram sehingga dapat menjalankan ibadah puasa dengan khusyuk.

Sebenarnya di balik semua itu, ada hal yang berbeda saat Ramadhan di Palestina dan tidak banyak orang yang mengetahuinya. Apa sajakah itu?

  1. Iftar Atar

Mungkin hal yang satu ini sudah jarang, bahkan sudah tidak, dilakukan oleh penduduk Palestina, terutama di jalur Gaza mengingat kondisi yang tidak memungkinkan. Iftar atar adalah buka puasa yang dihadiri oleh kurang lebih 3.000 orang untuk menikmati falafel.

 

  1. Jalanan Dan Rumah Dihiasi Lampu

Salah satu hal yang dilakukan oleh penduduk Palestina saat Ramadhan adalah menghiasi rumah dan jalanan dengan lampu hias atau lentera. Suasana ini semakin membuat Ramadhan semakin syahdu.

 

  1. Jam Kerja Lebih Pendek

Hal yang satu ini juga berlaku di negara-negara dengan penduduk mayoritas beragama Islam, seperti Indonesia. Di Palestina, penduduk akan mendapatkan pengurangan jam kerja 1 hingga 2 jam.

 

  1. Sore Dan Malam Menjadi Jam Sibuk

Penduduk Palestina mulai beraktivitas pada sore menjelang berbuka hingga malam hari. Jalan-jalan dan toko-toko akan penuh sesak oleh penduduk Palestina sehingga menjadi sangat sibuk.

Mungkin saat ini, hal-hal tersebut sudah jarang, bahkan sudah tidak, dilakukan oleh penduduk Palestina mengingat negara tersebut mengalami konflik yang berkepanjangan dengan Israel.

Untuk mengetahui situasi dan kondisi terbaru Palestina, Anda dapat mengikuti edukasi dan kajian Palestina ekslusif Ramadhan yang diadakan oleh Lembaga IAI.

Baca juga: Program & Kajian Palestina Unggulan Ramadhan SERAMBI AL-AQSA

Semoga Allah SWT selalu melindungi penduduk Palestina sehingga dapat menjalankan ibadah puasa dengan khusyuk.

Komentar

Share this post