fbpx

Ramadhan Di Palestina Tahun Lalu Dan Saat Ini

Ramadhan Di Palestina Tahun Lalu Dan Saat Ini

Bagi umat Muslim, Ramadhan menjadi bulan yang sangat istimewa karena Allah SWT membuka pintu maaf yang sebesar-besarnya. Dengan keistimewaannya tersebut, tidak heran umat Muslim akan menyambut kedatangan Ramadhan dengan penuh suka cita.

Dalam hitungan hari, umat Muslim di dunia akan memasuki bulan Ramadhan. Semua hal sudah dipersiapkan dalam menyambut bulan suci tersebut. Tetapi, bagaimana dengan Ramadhan di Palestina?

Sudah sejak lama, Palestina berkonflik dengan Israel. Berbagai cara ditempuh oleh PBB untuk mendamaikan kedua negara ini, tetapi selalu berakhir dengan kegagalan. Keserakahan Israel mengakibatkan penderitaan yang perkepanjangan bagi warga Palestina yang tidak berdosa.

Baca juga: Sikap terhadap Permasalahan Al-Aqsha: Memahami Prahara Palestina

Tentara Israel terus menggempur Palestina, terutama di jalur Gaza, baik saat Ramadhan atau tidak. Tubuh pria maupun wanita, dewasa maupun anak-anak, tidak luput dari peluru dan pecahan bom sehingga mereka bersimbah darah, bahkan kehilangan nyawa. Ramadhan yang seharusnya menjadi saat yang tepat untuk beribadah dan bergembira, tidak dirasakan oleh warga Palestina.

Ramadhan 2018 Di Palestina

Tidak ada yang istimewa saat Ramadhan 2018 di Palestina, terutama di jalur Gaza, karena semua orang harus melewati hari-hari dengan pertumpahan darah, melihat orang-orang yang disayangi kehilangan nyawa, melakukan aksi protes pada Israel untuk mengembalikan tanah leluhur, kesulitan untuk mendapatkan makanan, dan keadaan tragis lainnya.

Bagi warga Palestina, menjalankan ibadah puasa dengan tenang serta berbuka puasa dengan hidangan yang manis dan nikmat hanya ada di dalam angan-angan. Peperangan dan kemiskinan yang dialami membuat mereka menjalankan ibadah puasa apa adanya. Blokade yang dilakukan oleh Israel membuat ekonomi Palestina semakin terpuruk dan membuat warganya tidak dapat mempersiapkan diri untuk menyambut Ramadhan seperti biasanya.

Ramadhan 2019 Di Palestina

Melihat situasi dan kondisi yang terjadi di Palestina, sepertinya Ramadhan 2019 tidak akan jauh berbeda dengan Ramadhan 2018. Peperangan, pertumpahan darah, dan kemiskinan akan tetap mewarnai suasana Ramadhan di Palestina.

Apalagi baru-baru ini, Benjamin Netanyahu terpilih kembali menjadi Perdana Menteri Israel. Sebelum terpilih menjadi PM Israel untuk kelima kalinya, Netanyahu mengatakan akan melakukan aneksasi pemukiman di Tepi Barat dan mencegah pembentukan negara Palestina.

Untuk mengetahui kondisi terbaru menjelang Ramadhan di Palestina, Anda dapat mengikuti edukasi Palestina yang diadakan oleh Lembaga IAI. Anda bisa dapatkan Edukasi Palestina ekslusif untuk Ramadhan bertema “Serambi al-Aqsa” Sempurnakan Ramadhanmu dengan Berbagi untuk AL-AQSA.

Siap hadir 1-25 Ramadhan 1440H di kota Anda.

– Masjid
– Majelis Taklim
– Sekolah
– Kampus
– Perusahaan & Perkantoran Anda

Untuk waktu kegiatan kami menyediakan beberapa pilihan waktu, diantaranya:

– Ba’da Shubuh
– Kuliah Dhuha
– Ba’da Dhuhur
– Ba’da Ashar
– Ba’da Isya/ Tarawih

Pendaftaran: 0813 5800 5700 atau klik daftar disini

Komentar

Share this post