fbpx

7 Peristiwa Kemenangan Islam pada Bulan Rajab

7 Peristiwa Kemenangan Islam pada Bulan Rajab

Aqsainstitute.org – Bulan Rajab merekam berbagai sejarah kemenangan Islam yang tetu sangat berpengaruh pada eksistensi muslim hari ini. Kami telah merangkum tujuh peristiwa penting penanda kemenangan Islam yang terjadi pada bulan Rajab, di antaranya:

1. Terjadi Peristiwa Isra Mi’raj pada Tahun 10 Kenabian.

Pada peristiwa tersebut, Rasulullah Saw. berangkat ke Sidratul Muntaha untuk menerima perintah salat lima waktu yang sampai saat ini menjadi perintah waji umat Islam.

2. Pindahnya Arah Kiblat ke Ka’bah di Mekkah.

Peristiwa ini terjadi pada pertengahan bulan Rajab tahun ke 12 Hijriah, setelah Allah Swt. menurunkan Surah Al-Baqarah ayat 144.

3. Kekalahan bangsa Romawi pada Perang Tabuk.

Perang yang terjadi sekitar tahun 9 Hijriah ini sekaligus menandai selesainya otoritas Islam atas seluruh Semenanjung Arab. Rasulullah menetap di tabuk selama sebulan dan mengirimkan surat kepada para pemimpin dan gubernur di bawah kendali Romawi untuk membuat perdamaian.

Baca juga: #SAVEAL-AQSHA Bumi Isra Mi’raj Yang Dinodai

4. Pembebasan Kota Damaskus dari Kekuasaan Bangsa Romawi.

Pada bulan Rajab, tepatnya pada tahun 14 H/635 M. pasukan umat Islam di bawah komando panglima Abu Ubaidah bin al-Jarrah dan Khalid bin al-Walid, berhasil menaklukan kota Damaskus dan menguasainya.

5. Kemenangan Pasukan Islam dalam Perang Yarmuk.

Setahun setelah terjadinya pembebasan kota Damaskus, terjadi peperangan Yarmuk di bawah komando Khalid bin al-Walid yang terjadi pada hari senin di bulan Rajab, pada tahun 15 H/636 M.

6. Dibebaskannya kota Hirrah di Irak.

Pembebasan kota Hirrah di Irak dipimpin oleh Khalid bin al-Walid yang terkenal sebagai pemimpin perang yang ulung hingga dijuluki sebagai Sang Pedang Allah yang Terhunus.

7. Dibebaskannya Baitul Maqdis dari Cengkraman Tentara Salib.

Pada 27 Rajab 583 H/2 Oktober 1187 M, panglima perang umat Islam pada saat itu, Shalahuddin al-Ayyubi bersama pasukan umat Islam, mengepung kota Yerussalem untuk membebaskan Baitul Maqdis. Untuk pertama kalinya setalah delapan puluh delapan tahun, Adzan kembali berkumandang di Masjid al-Aqsha.

 

Sumber:Khazanah Republika, Islami.co, Ensiklopedia Mini Masjid Al-Aqsha oleh ASPAC for Palestine

Komentar

Share this post