Masjid Istiqlal Indonesia, Salah Satu Jembatan Kebebasan Palestina

Masjid Istiqlal Indonesia, Salah Satu Jembatan Kebebasan Palestina

Aqsa Institute, Palestina- Rasa syukur tak berujung diungkapkan Syekh Muhammad Zahar, salah seorang tokoh masyarakat di Palestina atas dibangunnya Masjid Istiqlal Indonesia di Khan Yunis, Gaza. Beliau menyampaikan, masjid tersebut merupakan salah satu jembatan kebebasan Palestina yang selama ini didamba.

“Terima kasih dari hati yang paling dalam, dan kami berdoa untuk kalian agar diberikan taufik untuk seluruh lembaga pendukung, penggagas, serta pengirim bantuan ini (Masjid Istiqlal Indonesia) ke Palestina yang menjadi sebuah jembatan yang mulia, yaitu jembatan kebebasan. Jembatan untuk pertempuran terakhir yang dijanjikan”, ujar Syekh.

Pernyataan tersebut beliau sampaikan dalam prosesi Peletakan Batu Pertama Masjid Istiqlal Indonesia di Ma’an, Khan Yunis, pada 19 Januari 2019 lalu.

Masjid, beliau singgung, memiliki peranan penting dalam sejarah peradaban Islam. Hal pertama yang dibangun Rasulullah sejak hijrah ke Madinah adalah membangun masjid. Di sana umat Islam mendapat berbagai ilmu pengetahuan, terutama tentang khazanah Islam.

Kemudian dari sana lahir para sosok tangguh, cerdas, penebar rahmat Islam di berbagai penjuru dunia. Begitu pula dengan Masjid Istiqlal Indonesia. Ia menjadi pusat pelatihan tahfidz dan kajian ilmu bagi warga Palestina, khususnya di wilayah Khan Yunis, Gaza.

Baca juga: Antusiasme Warga Gaza Sambut Masjid Istiqlal Indonesia

Dalam acara tersebut, Syekh Zahar menyampaikan bahwa kemenangan Islam adalah hal yang telah dijanjikan Allah Swt. Meski begitu, umat Islam disyariatkan untuk mengemban risalah perjuangan sebagai langkah menuju kemenangan.

Masjid Istiqlal Indonesia menjadi salah satu ikhtiar masyarakat Indonesia untuk membela dan mendukung masyarakat Palestina dalam menjaga tanah amanah umat.

Ilustrasi Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza, Palestina.

Masyarakat Palestina khususnya di Gaza telah mengamanahkan pembangunan sebuah masjid di daerah Ma’an, Khan Yunis, Jalur Gaza yang dinamai Masjid Istiqlal Indonesia. Direncanakan sejak November 2018, pembangunan masjid ini mendapat dukungan dari berbagai instansi dan lembaga, khususnya lembaga kepalestinaan di Indonesia termasuk salah satunya (International Aqsa Institute).

Mohon doa dan dukungan agar pembangunan Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza berjalan lancar dan selalu berada dalam ridha-Nya. (history/internationaaqsainstitute)

Komentar

Share this post