fbpx

Antusiasme Warga Gaza Sambut Masjid Istiqlal Indonesia

Antusiasme Warga Gaza Sambut Masjid Istiqlal Indonesia

Aqsa Institute, Palestina- Didukung berbagai instansi dan lembaga kepalestinaan, termasuk salah satunya IAI, peletakan batu pertama Masjid Istiqlal Indonesia di Khan Yunis Gaza sukses diselenggarakan pada Sabtu, 19 Oktober 2019. Tepatnya ba’da Ashar waktu Gaza, masyarakat Khan Yunis ramai memenuhi tempat diberlangsungkannya acara.

“Alhamdulillah, Sabtu malam waktu Indonesia, telah dilakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza. Insyaallah, pembangunan masjid ini akan dirampungkan dalam waktu 10 bulan ke depan,” ungkap Direktur Lembaga Kasih Palestina, Caca Andika pada Senin (21/01).

Masyarakat sekitar Khan Yunis, Gaza berbondong-bondong mengabadikan momen peletakan batu pertama Masjid Istiqlal Indonesia.

Dihadiri sejumlah tokoh penting di Gaza dan wartawan dari beberapa kantor berita, acara tersebut sukses menyita perhatian masyarakat di dua negara, yaitu Indonesia dan Palestina. Hal tersebut dapat dilihat dari ramainya kolom komentar saat siaran langsung ditayangkan dalam akun instagram dan facebook Kasih Palestina. Sementera itu, media lokal Palestina seperti Al-Aqsa Voice dan Gaza Media turut merilis kabar peletakan batu pertama tersebut.

Baca juga: Pejuang Kemenangan Sejati  Lahir dari Masjid-masjid Gaza

Salah satu tokoh penting Gaza yang hadir dalam acara tersebut adalah Mahmud Al-Zahar. Dalam pidatonya, Al-Zahar mengatakan bahwa masyarakat Indonesia selalu menunjukan rasa cintanya kepada Palestina. Beliau mengatakan dukungan Indonesia kepada saudaranya yang tengah terkepung di Gaza, sejenak mengalihkan pedihnya kesengsaraan pendudukan yang selama ini mencekik warga Gaza.

Media online Palestina, Al-Aqsa Voice turut mengabarkan peletakan batu pertama Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza.

Masyarakat Palestina, khususnya di Khan Yunis, Gaza telah mengamanahkan rekonstruksi sebuah masjid di daerah Ma’an kepada masyarakat Indonesia. Dijembatani oleh berbagai lembaga kemanusiaan dan kepalestinaan, masyarakat Indonesia berlomba mengambil peran dalam pembangunan masjid tersebut.

Baca juga: Keteguhan Warga Al-Quds Berhasil Gagalkan Blokade Al-Aqsha

Seperti diketahui, masjid-masjid menjadi universitas pejuang sejati bagi masyarakat Palestina, khusunya di Gaza. Peran masjid sangat besar dalam pemeliharaan dan memperkuat ketahanan masyarakat, persiapan generasi yang akan mampu membawa beban tanggungjawab dakwah dan menghadapi penjajah Israel.

Masjid juga menjadi salah satu pusat dauroh tahfizh Alquran, yang menjadi syarat mutlak bagi seorang yang hendak berjuang di medan perang. (history/internationalaqsainstitute)

Komentar

Share this post