fbpx

Berbagai Gerakan dan Organisasi Yahudi (Bagian 1)

Berbagai Gerakan dan Organisasi Yahudi (Bagian 1)

Aqsainstitute.org – Membangun kuil di atas reruntuhan Masjid Al-Aqsha adalah khayalan sekaligus misi besar Zionis Israel yang dikerjakan dengan sistematis dan terorganisir. Berbagai program dan kegiatan dirancang dengan serius guna mewujudkan misi besarnya tersebut. Maka beridirilah organisasi-organisasi Israel untuk melakukan berbagai ancaman dan penistaan yang semuanya mengarah pada penghancuran Masjid Al-Aqsha. Organisasi-organsasi tersebut antara lain:

  1. Gus Emunim

Neo Zionisme merupakan nama lain dari gerakan ini. Didirikan oleh Rabi Moshe Levinger pada Mei 1974, gerakan ini fokus pada upayanya menguasai daerah Tepi Barat dan Jalur Gaza.

Sebagian besar anggota gerakan ini berafiliasi dengan gerakan National Religius Party, yang juga mencakup beberapa rabi terkenal di kalangan umat Yahudi.

Baca Juga: Skenario Penghancuran Al-Aqsha

  1. Gerakan Katch

Secara etimologi, Katch memilki arti senapan. Gerakan ini merupakan gerakan esktrimis sayap kanan yang didirikan pada pada tahun 1972 oleh seorang Yahudi Amerika bernama Rabi Meir Kahane.

Kegiatan gerakan ini menargetkan Masjid Al-Aqsha sebagai sasaran antara lain berupa operasi kriminal yang dilakukan oleh anggotanya seperti upaya meledakkan Kubbah Ash-Sakhrah,  dan beberapa penembakan yang dilakukan di dekat masjid.

  1. Lembaga Penelitian Kuil Suci

Lembaga ini merupakan salah satu lembaga besar yang berpusat di perkampungan Syaraf yang telah diubah menjadi salah satu perkampungan Yahudi.  Lembaga ini dipimpin oleh Yisrael Ariel.

  1. Perhimpunan Donasi Kuil

Dalam misi pembangunan kuil, organisasi ini berfokus pada kegiatan penggalangan dana dari orang-orang Yahudi, dan sebagian orang Kristen Zionis serta Kristen Angelikan Amerika. Didirikan tahun 1982,  gerakan ini memilki hubungan erat dengan para elit politik di Israel dan Amerika, terutama partai Republik Amerika.

Baca juga: Penyerangan Brutal Pasukan Zionis terhadap Jemaah Masjid Al-Aqsha

  1. Organisasi Rahasia Militer

Organisasi ini ditemukan pada tahun 1984 ketika diketahui adanya penyusunan rencana untuk melakukan pengeboman terhadap Masjid Al-aqsha oleh angkatan udara oleh angkatan udara zionis guna menghilangkan keberadaan Al-Aqsha secara total.

  1. Wanita Suci Gunung Kuil

Gerakan ini dipimpin oleh Michal Abezr, seorang ibu rumah tangga yang menyebut dirinya sebagai rabi dari Hecriot. Gerakan ini berfokus untuk mencari dana dengan cara mengumpulkan koleksi perhiasan emas untuk persiapan pembangunan Kuil Suci. (history/internationalaqsainstitute)

Sumber: Ensiklopedia Mini Masjid Al-Aqsha oleh ASPAC for Palestine

Komentar

Share this post