fbpx

Pejuang Kemenangan Sejati  Lahir dari Masjid-masjid Gaza

Masjid Istiqlal Gaza

Pejuang Kemenangan Sejati  Lahir dari Masjid-masjid Gaza

Aqsainstitute.org – Para ulama dan peneliti Palestina telah sepakat bahwa masjid-masjid mempunyai peran penting dalam membentuk para generasi mujahid, pejuang pembebasan Al-Quds dan kemerdekaan Palestina. Kesimpulan tersebut disampaikan dalam Konferensi Asosiasi Masjid di Selatan Jalur Gaza pada 2009 lalu.

Masjid di Palestina, khususnya di Jalur Gaza bukan sekedar tempat pelaksanaan ibadah ritual seperti salat lima waktu. Dauroh-dauroh tahfizh Quran hadir di setiap masjid dan selalu berhasil melahirkan ratusan hafiz baru setiap tahunnya.

Baca juga: Baitul Maqdis dan Misteri Hari Kiamat

Para hafiz ini lah yang selalu menjadi garda terdepan dalam setiap upaya perlawanan  kezaliman dan kesewenang-wenangan tangan Zionis. Seperti yang kita tahu, hafiz merupakan syarat mutlak yang harus dimiliki seorang yang hendak bertempur di medan perang.

Penghancuran Masjid-Masjid Gaza oleh Zionis Israel

Masjidil Istiqlal Gaza

Salah satu masjid di Gaza yang hancur akibat serangan Israel pada tahun 2014. (Sumber: Nahi Munkar)

Seringnya serangan Israel yang ditujukan ke Gaza mengakibatkan berbagai bangunan penting di Gaza hancur rata dengan tanah, termasuk masjid. Dunia Islam pernah sangat geram sekaligus berduka saat 2014 lalu, Israel dengan sengaja menargetkan  rudalnya ke masjid-masjid Gaza. Selama tujuh pekan agresi, lebih dari 73 masjid dan 205 gedung lainnya rusak parah.

Penduduk Gaza mulai kesulitan mendapatkan tempat beribadah yang layak dan nyaman. Seperti di Distrik Ma’an, Provinsi Khan Younis, Gaza. Masjid Aminul Ummah Abu Ubaidah bin Jarrah adalah satu-satunya masjid yang dimiliki oleh sekitar 5.000 penduduk Ma’an.

Baca juga: Menteri Wakaf Palestina: Israel Bangun Lift di Masjid Ibrahimi, Peninggalan Islam akan Rusak

Masjid yang tak cukup luas itu, tak mampu memampung jemaah salat yang selalu membludak. Belum lagi, masjid ini menjadi tempat anak-anak dan penduduk sekitar berdauroh Quran dan bermajelis ilmu.

Hingga saat ini, Masjid Aminul Ummah telah melahirkan ratusan penghafal Alquran  dari sekitar 9 kelompok/halaqah tahfiz untuk laki-laki dan perempuan. Masing-masing halaqah tediri dari 12 siswa dan total sudah ada 445 siswa yang lulus sebagai penghafal Alquran dari masjid ini.

Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza, Palestina

Masjid Istiqlal Gaza Palestina

Rancangan bangunan Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza, Palestina

Mengingat pentingnya peran Masjid Aminul Ummah sebagai pencetak para pejuang Palestina dan kemenangan Islam, International Aqsa Institute (IAI) yang bersinergi dengan Kasih Palestina dan beberapa lembaga lain, mendukung penyempurnaan pembangunan masjid tersebut.

Penyermpurnaan pembangunan masjid akan dilakukan di atas lahan seluas 1.751 meter persegi dengan luas bangunan masjid yang akan dibuat sekitar  940 meter persegi.

Mengatas namakan masyarakat Indonesia, Masjid Aminul Ummah juga akan mengalami pembaharuan nama dengan  “Masjid Istiqlal Indonesia”. Seperti halnya Majid Istiqlal di Jakarta, Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza ini diharapkan dapat menjadi simbol  kemerdekaan yang akan diraih masyarakat Palestina. Allahuakbar! (history/internationalaqsainstitute)

Sumber: Dakwatuna

Komentar

Share this post