fbpx

Erdogan: Palestina Akan Berjaya Selama Muslim Terus Membela Hak, Keadilan, dan Kebebasan

Masjid Al Aqsa

Erdogan: Palestina Akan Berjaya Selama Muslim Terus Membela Hak, Keadilan, dan Kebebasan

Aqsainstitute.org – “Selama umat Islam membela hak, keadilan dan kebebasan, Palestina akan terus ada,” . Pernyataan tersebut disampaikan oleh Presiden Turki, Recep Tayyip erdogan dalam sebuah pertemuan kerja sama ekonomi dan organisasi kerja sama islam, Rabu, 28 November 2018.

Ia mewakili negaranya berjanji bahwa Turki tak akan biarkan cahaya Al-Quds redup karena onar Zionis Israel. Kekaguman pada pengorbanan rakyat Palestina mempertahankan Al-Quds juga sempat Erdogan sampaikan dalam pidatonya.Pengorbanan rakyat palestina selam ini belum tentu  sanggup dilakukan muslim lain di dunia.

Baca juga: Sikap terhadap Permasalahan Al-Aqsha: Memahami Prahara Palestina

Menanggapi sengketa dan konflik yang sampai saat ini masih belum usai, ia menyampaikan, “Bagi kami sejarah bukan hanya peristiwa yang telah terjadi, tetapi ia merupakan sumber pelajaran yang kami gunakan untuk menjadi kuat dan berani “, ungkap Erdogan.

Dilansir dari Middle East Monitor, Erdogan juga mengingatkan agar umat Islam tak jatuh ke dalam perangkap pihak-pihak yang mencoba memanfaatkan perbedaan-perbedaan umat Islam yang berpotensi memicu perpecahan.

Salah seorang tokoh politik Palestina, Ismail Haniyah pada 2012 lalu juga pernah mengungkapkan hal serupa. Ia berpendapat, setidaknya ada tiga kunci yang harus dimiliki umat Islam untuk dapat membebaskan Palestina dari jajahan Israel, yaitu kekuatan akidah, kekuatan persatuan umat, dan kekuatan senjata.

Baca juga: Menteri Wakaf Palestina: Israel Bangun Lift di Masjid Ibrahimi, Peninggalan Islam akan Rusak

Telah kita pahami bersama bahwa Al- Quds adalah ibukota Palestina, pembebasan Al Quds, Masjid Al-Aqsha dan Palestina dari belenggu penjajahan mesti menjadi kewajiban kolektif kaum muslim di seluruh dunia yang digariskan oleh Allah SWT.

Allah telah menjanjikan bahwa kemenangan Palestina pasti akan datang, tinggal seberapa besar kita akan  mengambil peran dalam kemenangan tersebut. Rahmat, keselamatan, dan janji surga yang indah tentu akan menghampiri mereka-mereka yang bersungguh-sungguh dalam perjuangan pembebasan ini. (history/internasionalaqsainstitute)

Sumber: Middle East Monitor, Hidayatullah

 

 

 

 

 

Komentar

Share this post