fbpx

Departemen Wakaf: Tembok Timur Masjid Al-Aqsha Harus Segera Direnovasi

Tembok Masjidil Aqsha

Departemen Wakaf: Tembok Timur Masjid Al-Aqsha Harus Segera Direnovasi

Aqsainstitute.org – Departemen Wakaf Islam di al-Quds menyatakan tembok bagian timur Al-Aqsha sudah sangat membutuhkan perbaikan dan perawatan. Kerusakan dapat terlihat jelas dari batu yang sudah mulai mengeropos dan warnanya yang mulai berubah lebih kusam.

Penguatan dan penggantian bagian yang rusak menjadi upaya yang harus segera dieksekuasi karena khawatir kerusakan semakin parah dan akan membahayakan.

Selama ini Departemen Wakaf dalam Palinfo mengungkapkan upaya renovasi selalu terhalang oleh berbagai aturan  yang diberlakukan otoritas Israel.

Tembok Masjidil Aqsha

Beberapa bagian dinding batu Tembok Timur Al-Aqsha mulai terlihat keropos. (Sumber: Gerasa News)

Hal tersebut bukanlah sesuatu yang asing. Pelarangan renovasi  juga telah menyebabkan rusak dan runtuhnya marafiq di Masjid al-Aqsha. Disinyalir hal tersebut menjadi upaya pembelaan Israel terhadap intervensi Lembaga Peninggalan Israel dengan alasan bahwa Departemen Wakaf Islam tidak melakukan renovasi yang seharusnya. Dengan itu, Israel berupaya melemahkan fungsi dan peran lembaga Wakaf Islam.

Berbagai spekulasi mengenai rusaknya tembok timur al-Aqsha pun bermunculan, salah satunya isu bahwa Israel dengan sengaja menggunakan bahan kimia untuk mengubah tembok masjid dan melemahkannya.

Baca juga: Tiga Bentuk Intervensi Pengelolaan Masjid Al-Aqsha

Tembok Masjidil Aqsha

                                    Kondisi tembok Masjidil Aqsha bagian timur

Namun setelah dilakukan pemeriksaan oleh tim khusus, tak ditemukan adanya bahan kimia yang dimaksud. Semua perubahan warna tembok disebabkan interaksinya dengan udara, dan bebatuan tampak usang karena usianya yang lebih dari 1400 tahun.

Departemen wakaf menegaskan tengah menyiapkan rencana dan study menyeluruh untuk memperkuat tembok bagian timur Masjidil Aqsha dalam waktu secepatnya. (history/internationalaqsainstitute)

Sumber: Palinfo, Ensiklopedia Mini Masjid Al-Aqsha oleh ASPAC for Palestine

Komentar

Share this post