6 Mihrab di Masjid Al-Aqsa, 2 Di Antaranya Merupakan Mihrab Nabi

6 Mihrab di Masjid Al-Aqsa, 2 Di Antaranya Merupakan Mihrab Nabi

Mihrab adalah dinding yang berbentuk ceruk, yang berfungsi sebagai arah kiblat dan biasanya terdapat di dalam masjid bagian depan. Masjid Al-Aqsa memiliki beberapa mihrab di tempat-tempat yang digunakan untuk salat. Ada pula mihrab yang letaknya berada di palataran masjid Al-Aqsa. Berikut nama dan gambar mihrab tersebut:

  1. Mihrab Zakaria

Keterangan Foto: Mihrab Zakaria

Mihrab Zakaria berada di sisi timur Masjid Al-Qibli. Alquran juga menjelaskan tentang mihrab ini dalam surat Ali Imran ayat 37: “…Setiap Zakariya masuk untuk menemui Maryam di mihrab, ia dapati makanan di sisinya…”

  1. Mihrab Daud

Keterangan Foto: Mihrab Daud

Mihrab ini berada di pagar selatan Masjid Al-Aqsa atau sebelah timur Masjid Al-Qibli. Mihrab ini dibangun antara tahun 696-698 H/ 1296-1298 M pada masa Sultan Hasamuddin Lajin.

Bentuk mihrab sangat besar dan tinggi dan merupakan paling tinggi dari mihrab lain, sehingga dapat dilihat dari kejauhan. Meki begitu, tak banyak orang yang memakai mihrab ini, kecuali untuk menentukan arah kiblat.

Sebenarnya, tidak ada satu literasi pun yang menyatakan adanya hubungan antara mihrab ini dengan Nabi Daud. Namun, seperti yang kita tahu bahwa Nabi Daud adalah salah satu Nabi yang lahir dan tumbuh di Palestina.

  1. Mihrab di Pagar Timur Masjid Al-Aqsa

    Keterangan Foto: Mihrab di Pagar Timur Masjid Al-Aqsa

Tidak ada nama khusus untuk mihrab yang satu ini. Posisinya yang berada di pagar timur Masjid Al-Aqsa dan  sekaligus menjadi pagar Kota Suci Al-Quds. Untuk menuju mihrab ini perlu melewati beberapa anak tangga terlebih dahulu.

Mihrab yang dibangun pada masa Utsmani ini tidak terlalu besar. Di sebelah utara Mihrab terdapat pelataran yang cukup untuk dipakai salat satu orang.

Keberadaan mihrab dan pelataran ini yang berbatasan langsung dengan pagar Suci Kota Al-Quds seakan-akan menjadi pos penjagaan yang mengawasi gerak-gerik musuh di luar kota.

  1. Mihrab di Lengkung Barat Daya

    Keterangan Foto: Mihrab di Lengkung Barat Daya

Seperti halnya Mihrab di Pagar Timur Masjid Al-Aqsa, mihrab ini pun sama-sama berukuran kecil dan dibangun pada masa Utsmani. Mihrab di lengkung barat daya ini terletak di dinding utara dari Baikah Janubiah Gharbiyah (lengkung barat daya).

  1. Mihrab Ardhi

Keterangan Foto: Mihrab Ardhi

Mihrab Ardhi terletak di sebelah selatan Kubah Al-Khidr. Berada di lantai, dan berbentuk persegi panjang mihrab ini juga memilki ceruk (apa itu ceruk). Bagian dalam mihrab ini berwarna hitam, sedangkan sekeliling mihrab berwarna putih.

  1. Mihrab di Pelataran As-Sakhrah

Keterangan Foto: Mihrab As Sahrah

Sebagaimana sebutannya, mihrab ini terletak di pelataran Ash-Shakhrah tepatnya di sebelah selatan. Mihrab yang satu ini dikelilingi pagar-pagar pembatas yang tingginya menyerupai tinggi mihrab.

Bongkahan batu besar dipahat menjadi sebuah mihrab yang kita sebut dengan Mihrab di Pelataran As-Sakhrah. Posisinya mengarah kiblat dan tidak diketahui sejarah pembangunannya. Menurut perkiraan, mihrab ini baru dibangun ketika pemerintahan Utsmani membangun pelataran Ash-Shakhrah.

Bagaimana sahabat, sudah lebih tahu informasi seputar Masjid Al-Aqsa? Semoga Allah memudahkan kita mencerna informasi ini.

Oia, jika sahabat punya pertanyaan atau ‘uneg-uneg’ yang belum terjawab terkait Masjid Al-Aqsa dan Palestina, boleh kok tuliskan di kolom komentar, Insya Allah akan kami kaji dan buat artikelnya ^_^ (history/internationalaqsainstitute)

 

Komentar

Share this post