fbpx

Inilah Nama-Nama tempat Shalat Di Masjid Al-Aqsha, Nomor 3 dan 4 Jarang diketahui

Inilah Nama-Nama tempat Shalat Di Masjid Al-Aqsha, Nomor 3 dan 4 Jarang diketahui

International Aqsa institute – Masjid Al-Aqsha adalah nama sebuah kawasan untuk keseluruhan tempat yang dikelilingi pagar di dalam kota Al-Quds. Tidak semua kawasan masjid Al-Aqsha beratap, setiap orang yang shalat di sudut-sudut Masjid Al-Aqsha tetap mendapat pahala lebih banyak dibanding tempat lain.

Di dalam komplek Masjid Al-Aqsha terdapat beberapa masjid yang beratap, diantaranya:

  1. Masjid Al-Qibli

                                                        Foto: Masjid Al-Qibli

Masjid Al-Qibli atau Masjid Jam’i Al-Qibli, kebanyakan orang mengenalnya dengan sebutan Masjid al-Aqsha, padahal sebutan itu kurang tepat karena ia hanya merupakan salah satu bagian dari Masjid al-Aqsha yang terdiri dari tanah dan bangunan. Masjid ini berada di sebelah selatan Masjid Al-Aqsha (arah kiblat).  Karena posisinya yang searah dengan kiblat, maka dinaimailah Masjid Al-Qibli (qibli = kiblat dalam bahasa Arab)

Masjid ini didirikan pertama oleh Khalifah Abdul Malik bin Marwan dari Bani Umayyah dan disempurnakan pada masa anaknya Al-Walid bin Abdul Malik antara tahun 86-96 H/705-714 M.

Masjid Al-Qibli memiliki satu kubah besar yang dalamnya terbuat dari kayu dan dilapisi dengan timah pada bagian luarnya.

Pada masa pendudukan Pasukan Salibis, Masjid Al Qibli pernah dibagi tiga yaitu tempat komando tentara, tempat tinggal kavaleri, dan  Gereja.

  1. Masjid Kubah Ash-Shakhrah

                                                    Foto: Masjid Kubah As-Sakhrah

Masjid Kubah Ash-Shakhrah adalah bangunan islam yang terkenal di dunia dan paling ikonik. Bagaimana tidak, di dalam masjid ini terdapat batu Ash-Skhahrah yang merupakan tempat sebelum mi’raj-nya Nabi Muhammad SAW pada peristiwa Isra Mi’raj.

Dikepalai oleh Khalifah Abdul Malik Bin Marwan, masjid ini dibangun sekitar tahun 65-86 H/685/705 M. Bangunan persegi delapan ini merupakan bangunan yang paling bagus dan berada di jantung Masjid Al-Aqsha.

Desain interior masjid ini sangat kaya. Peninggalan kaligrafi bergaya mozaik peninggalan Umawiyyah yang sarat akan nilai tauhid, risalah langit, cerita Al-Masih, dan cerita kenabian Muhammad SAW. Tertulis juga sebagian isi dari Q.S Thaha yang menceritakan tentang kisah Nabi Musa A.S. pada lingkaran hitam bawah leher kubah.

  1. Mushala Al-Marwani

                                                      Foto: Mushala Al-Marwani

Berada di sebelah tenggara masjid al-Aqsha. Dibangun pada masa Umawiyah dengan tujuan agar halaman sisi selatan dan utara masjid al-Aqsha sama rata. Di masa Salibis, bangunan ini pernah dijadikan kandang kuda.

Bangunan besar ini mempunyai luas lebih dari empat ribu meter persegi.

  1. Masjid Al-Buraq

                                                     Foto: Masjid Al-Buraq

Terletak di sebelah barat daya Masjid Al-aqsa dan berada di bawah pintu Al-Magharibah. Dinamakan Al-Buraq karena diyakini tempat ini merupakan tempat Nabi Muhammad meletakkan kendaraannya pada peristiwa Isra’ Mi’raj, yaitu Buraq.

 

sumber: (masjidalaqsa.net)

Komentar

Share this post