fbpx

Qubbatu Syekh Al-Khalily

Aqsha

Qubbatu Syekh Al-Khalily

Kubah ini Terletak dekat dengan pelataran Masjid Qubbatu Ash Shakhrah, tepatnya berada di wilayah Barat laut Qubbatus Ash-Shakhrah, di jantung Masjidil Aqsha. Dibangun di Era Khalifah Utsmaniyah pada tahun 1112 H/1700 M.

Nama Qubbatu Syekh Al-Khalily sendiri diambil dari Nama seorang syekh sufi yang selalu beribadah di dalamnya. Selain itu Kubah ini Dikenal dengan sebutan Kubah Bakh-Bakh, Musala al-Khidr, dan Masjid an-Nabi. Kini kubah tersebut digunakan sebagai kantor Urusan Pembangunan Masjid Al-Aqsha.

Berbentuk persegi empat, dan berdiding tertutup, yang ditopang dengan empat tiang fondasi.
Setiap sisi dari dinding nya terdapat dua jendela jadi jumlahnya adalah delapan jendela. Pintu masuk dari bangunan ini berada di dinding sebelah timur, diatas pintu masuknya terdapat nama kubah dan sejarah kubah ini dibangun. Karena dulunya difungsikan sebagai tempat ibadah, di dalamnya terdapat sebuah mihrab di arah kiblat. Mihrab itu terbuat dari batu gamping yang melengkung.
Aqsha

Tepat dibawah bangunan kubah ini berdiri, ada sebuah gua bawah tanah yang disebut sebagai ‘Gua Arwah’. Untuk menuju ke dalam gua ini, harus melalui sebuah tangga terbuat dari batu. Namun sayang, gua ini tak difungsikan lagi sehinga tak ada penerangan didalamnya dan guanya menjadi tak terurus.

Komentar

Share this post