Mengapa Indonesia Harus Membantu Palestina?

Indonesia Harus Membantu Palestina

Mengapa Indonesia Harus Membantu Palestina?

 

International Aqsa Institute-Sebelum secara de facto, Soekarno-Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, pengakuan kemerdekaan secara de jure telah diungkapkan tokoh Palestina, yaitu tepat saat Perdana Menteri Jepang, Kaiso, tanggal 6 September 1944 berjanji di hadapan Parlemen Jepang untuk memberikan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia kelak di kemudian hari.

Dukungan kemerdekaan Indonesia dimulai dari Palestina dan Mesir. Dikutip dari buku “Diplomasi Revolusi Indonesia di Luar Negeri” yang ditulis oleh M. Zein Hassan, Lc sebagai Ketua Panitia Pusat Perkumpulan Kemerdekaan Indonesia, menyatakan dukungan yang diberikan oleh Palestina pada saat itu diwakili oleh ulama besar Palestina, yaitu Syekh Muhammad Amin Al-Husaini. Pengakuan kemerdekaan atas Indonesia yang dilakukan secara langsung oleh Palestina di saat negara-negara lain belum berani untuk memutuskan sikap merupakan suatu bentuk dorongan sekaligus harapan yang besar bagi Indonesia.

Syekh Muhammad Amin Al-Husaini merupakan ulama besar Palestina yang kharismatik, mujahid, dan begitu kuat mendukung kemerdekaan Indonesia ditengah pergolakan negerinya sendiri, yang sejak tahun 1917 tengah mengalami konflik dengan zionis Israel. Didukung oleh Inggris yang secara ilegal menempati tanah Palestina. Karena pengaruh Syekh Muhammad Amin Al-Husaini ini, akhirnya beberapa negara pun mengakui kemerdekaan Indonesia, setelah Mesir yang untuk pertama kali yaitu diikuti Suriah, Irak, Lebanon, Yaman, Arab Saudi, dan Afganistan.Ucapan selamat yang diberikan Syekh Muhammad Amin Al-Husaini pun disiarkan oleh radio Berlin berbahasa Arab selama dua hari berturut-turut.

Dukungan yang diberikan Palestina untuk kemerdekaan Indonesia tidak berhenti pada ‘ucapan selamat’. Lebih dari itu, ada seorang saudagar kaya Palestina bernama Muhammad Ali Taher yang sangat bersimpati kepada Indonesia spontan memberikan seluruh uangnya di Bank Arabia tanpa meminta tanda bukti dan berkata “Terimalah semua kekayaan saya ini untuk memenangkan perjuangan Indonesia”.

Begitu besar dan ikhlasnya dukungan Palestina untuk Indonesia hingga membuat negara-negara Timur Tengah lainnya pun memberikan dukungan dan pengakuan kemerdekaan untuk Indonesia bahkan satu tahun sebelum Soekarno-Hatta memproklamasikannya.

Ini adalah fakta sejarah yang harus diketahui oleh masyarakat Indonesia. Saat ini Indonesia telah merasakan kemerdekaan selama 72 tahun dan sudah sepantasnya saat ini kita mendukung kemerdekaan saudara-saudara kita, atas nama kemanusiaan.

Dengan apa kita dapat membantu saudara kita di Palestina? Kita dapat membantu mendukung kemerdekaan saudara kita di Palestina dengan menyebarluaskan keadaan saudara kita hingga membuka hati-hati masyarakat dunia, memberikan donasi dari sebagian materi yang kita miliki, dan mendo’akan keselamatan masyarakat Palestina di bawah kekejian Israel. Tanpa keberanian Palestina saat itu, mungkin saja Indonesia belum merdeka!

 

(Roidah Zihni Adzani)

 

 

 

Komentar

Share this post