Menara Pintu al-Magharibah

Menara Al-Magharibi

Menara Pintu al-Magharibah

Menara Pintu al-Magharibah: Dinamakan juga meraka al-Fakhriyah karena dibangun oleh al-Qadhi Syarafuddin Abdurrahman bin ash-Shahib Fakhruddin al-Khalili pada masa Sultan Malik Sa’id Muhammad Nasiruddin Barkah Khan (676-678 H/1277-1280 M)
dari Kesultanan Mamalik al-Bahriyah. Menara ini dibangun pada tahun 677 H/1278 M
dan bentuknya tak berubah hingga saat ini.
Bagian atas menara ini pernah hancur akibat gempa bumi, pada tahun 1922 M, kemudian dibangun kembali pada tahun yang sama.

Merupakan menara yang paling kecil dengan tinggi 23,5 meter dan diameternya 2,5 meter. Berbentuk persegi empat dan sebagian fondasinya berimpitan dengan masjid an-Nisa’.

Terdapat 3 tingkat dalam menara ini, tingkat pertama terdapat pintu masuk menara, lapis kedua jendela kecil persegi panjang, dan lapis ketiga tidak mempunyai celah ataupun dekorasi.

Karena badan menara berbentuk persegi empat, balkon menara mengikuti badannya. Pintu masuk balkon berada di sisi selatan. Pada dinding balkon terdapat tulisan berbahasa Arab yang artinya, “Marilah kita salat, Marilah menuju kemenangan.” Atap balkon terbuat dari kayu yang ditopang dengan empat tiang batu dari masing-masing sudut balkon. Paling atas menara terdapat kubah yang berbentuk bawang dengan leher kubah berbentuk persegi delapan. Terdapat bulan sabit diatasnya yang mengarah ke timur.

Komentar

Share this post