TEMPAT HIJRAH Nabi IBRAHIM As. dan LUTH As.

Syam menjadi parameter keimanan islam

TEMPAT HIJRAH Nabi IBRAHIM As. dan LUTH As.

Disinilah Tempat Nabi Ibrahim dan Luth A.s di Perintahkan untuk Hijrah oleh Allah S.W.T

 

# Hadis Pertama dari buku Hadis Arbain Maqdisiyah

Dari Abdullah bin Amr berkata, Sesungguhnya Rasulullah Saw. Bersabda:
“Akan terjadi hijrah setelah hijrah, sebaik-baik penduduk bumi adalah yang tinggal di tempat hijrah Nabi Ibrahim, dan yang menetap di bumi adalah orang-orang buruk, bumipun mencaci mereka, dan Allah membenci mereka hingga Allah menggiring mereka keneraka bersama monyet dan anjing”.

Saat Ibrahim meninggalkan kaumnya karena Allah, istrinya mandul tidak bisa melahirkan anak, dan saat itu Ibrahim tidak punya seorang anak pun.

Ia hanya mengajak keponakannya, Luth bin Haran bin Azar. Namun setelah itu, Allah menganugerahkan anak-anak yang saleh kepada Ibrahim, dan menjadikan nubuwah serta kitab di antara keturunannya.

Setiap nabi yang diutus setelah Ibrahim, semuanya berasal dari keturunan Ibrahim.
Setiap nabi yang menerima kitab dari langit, pasti berasal dari salah satu keturunannya. sebagai karunia dan kemuliaan untuknya kala pergi meninggalkan kampung halaman, keluarga dan sanak kerabat, berhijrah menuju sebuah negeri yang ia bisa leluasa untuk beribadah kepada Rabb ‘Azza wa Jalla dan menyeru siapa pun kepada-Nya.

Bumi yang dituju Ibrahim saat berhijrah adalah bumi Syam, itulah bumi yang disebut Allah ‘Azza wa Jalla, “Negeri yang telah Kami berkahi untuk seluruh alam.” (Al-Anbiya: 71-73)

Komentar

Share this post