BEDAH BUKU HADIST ARBAIN MAQDISIYAH

BEDAH BUKU HADIST ARBAIN MAQDISIYAH

 

Salah satu landasan utama memahami Masjid Al-Aqsha adalah As-Sunnah An-Nabawiyyah. Bagaimana Nabi Muhammad Saw. begitu memuliakan Masjid Al-Aqsha? Bagaimana Rasulullah Saw. sangat perhatian terhadap kiblat pertama ini?

Kalimat kunci memahami isi buku Hadis Arbain Maqdisiyyah adalah, “Al-Aqsha awwalan wa akhiran” (Al-Aqsha adalah awal peradaban dunia dan akhir dari kehidupan dunia). Hadis-hadis ini menjelaskan mulai dari awal kehidupan manusia, hingga akhir kehidupan dunia, semua terkait erat dengan Masjid Al-Aqsha.

Rasulullah Saw. berbicara tentang Masjid Al-Aqsha mulai dari awal peradaban manusia, Nabi Adam a.s. Rumah Allah pertama dibangun di atas muka bumi, setelah Masjid Al-Haram Makkah. Tempat yang dipilih untuk menyembah Allah di dunia, sejak awal kehidupan manusia di dunia.

Rasulullah Saw. pun bercerita tentang nabi-nabi terdahulu yang sangat erat dengan Al-Aqsha. Disambung dengan peristiwa agung Isra’ dan Mi’raj, secara detil dijelaskan perjalanannya.

Bahkan Rasulullah Saw. menggambarkan bagaimana Masjid Al-Aqsha sepeninggal beliau, hingga huru hara kejadian hari kiamat, semuanya berkaitan dengan Masjid Al-Aqsha.

Tidak cinta Nabi Muhammad, orang yang tidak mencintai Masjid Al-Aqsha.
Tidak cinta Masjid Al-Aqsha, orang yang tidak mengenal Masjid Al-Aqsha.[AM]

Komentar

Share this post